Find Us On Social Media :

Baidu Luncurkan Model LLM AI untuk Industri Medis, Ini Kecanggihannya

By Adam Rizal, Sabtu, 23 September 2023 | 09:05 WIB

Baidu Dikabarkan Mau Luncurkan Chatbot AI Mirip ChatGPT.

Perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok Baidu meluncurkan model bahasa besar (LLM) terbaru Lingyi yang artinya Dokter Spiritual untuk meningkatkan digitalisasi dan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di industri kesehatan.

Nantinya, LLM Lingyi itu mampu menghasilkan rekam medis terstruktur dari masukan teks secara akurat untuk menganalisis dan menghasilkan keluhan pasien, riwayat medis, dan lainnya berdasarkan percakapan dokter-pasien seperti dikutip Gizmochina.

Teknologi AI nya mampu melakukan penguraian beberapa artikel literatur medis berbahasa Mandarin dan Inggris secara bersamaan, sehingga memungkinkan menjawab pertanyaan yang cerdas berdasarkan konten literatur.

Dalam membantu diagnosis dan pengobatan, Lingyi menawarkan pemahaman real-time tentang kondisi pasien melalui dialog multi-putaran.

Tentunya cara itu akan membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit, dan merekomendasikan rencana pengobatan.

Lingyi akan dapat juga berfungsi sebagai manajer layanan kesehatan 24 jam bagi pasien dan memberikan berbagai kemampuan kepada perusahaan farmasi, antara lain termasuk pelatihan profesional dan dukungan informasi medis.

Saat ini, Lingyi Large Model tersedia dalam versi Lite, Flagship, dan Custom, masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan dan skenario aplikasi yang berbeda.

Baidu akan memungkinkan mitra mengakses model besar melalui integrasi API atau menyematkannya sebagai plugin ke dalam sistem produk yang sudah ada.

Baidu telah menggandeng perusahaan seperti Gushengtang dan Ling Jiashe dan secara selektif terbuka untuk lebih dari 200 institusi medis, termasuk rumah sakit umum, perusahaan farmasi, platform rumah sakit internet, dan jaringan apotek.

Baca Juga: Fitur Baru TikTok ini Mampu Identifikasi Konten yang Dibuat AI

Baca Juga: OpenAI Luncurkan Mesin AI Dall-E 3, Dapat Membuat Gambar Lewat ChatGPT