Find Us On Social Media :

Nintendo Switch 2 Bakal Adopsi Teknologi DLSS Berbasis AI

By Adam Rizal, Sabtu, 23 September 2023 | 09:30 WIB

Nintendo Switch 2

Nintendo bakal meluncurkan konsol game terbarunya Switch 2 pada tahun depan dan bocoran spesifikasi perangkat itu mulai bermunculan di dunia maya.

Bocoran terbaru Nintendo Switch 2 akan menggunakan GPU NVIDIA Ampere yang otomatis akan menggunakan teknologi DLSS.

Sebagai informasi, teknologi DLSS (Deep Learning Super Sampling) menggunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan performa game dan kualitas gambar.

Teknologi DLSS akan merender game terlebih dahulu pada resolusi rendah dan meningkatkannya ke resolusi asli melalui algoritma AI.

Proses itu akan meningkatkan performa hingga dua kali lipat tanpa mengorbankan kualitas gambar seperti dikutip Gizmochina.

DLSS sendiri adalah teknologi yang diperkenalkan dengan kartu grafis seri NVIDIA RTX 2000. Kartu-kartu ini memiliki chip yang tidak menghadapi batasan ruang apa pun.

Namun, Nintendo memiliki ruang yang lebih terbatas untuk mengintegrasikan teknologi DLSS di Switch 2 mendatang.

RAM 12 GB

Nintendo akan meluncurkan konsol game terbarunya Switch 2 yang menawarkan spesifikasi gahar sekaligus memanaskan persaingan pasar yang saat ini didominasi oleh Sony PlayStation5 dan Microsoft Xbox Series X/S.

Kehadiran RAM 12 GB itu membuat Nintendo Switch 2 dapat bersaing dengan konsol berperforma tinggi seperti PS5 dan Xbox Series X. Saat ini konsol game PS5 dan Xbox Series X memiliki RAM 16GB.

Selain RAM 12 GB, Nintendo Switch 2 mengikuti teknologi terbaru dan menghilangkan kebutuhan perangkat keras yang semakin meningkat. Nintendo Switch 2 akan mendukung teknologi DLSS milik Nvidia.

Faktanya, itu adalah DLSS 3.1, yang baru-baru ini diumumkan dan hanya didukung oleh kartu grafis seri RTX 40 seperti dikutip Gizmochina.