Find Us On Social Media :

Sony Rilis BURANO, Varian Terbaru Seri Kamera Sinema Digital CineAlta

By Rafki Fachrizal, Sabtu, 23 September 2023 | 16:30 WIB

Ilustrasi Sony 'BURANO'.

Sony meluncurkan kamera BURANO sebagai tambahan terbaru dari seri produk CineAlta yang merupakan jajaran kamera sinema digital Sony.

Kamera BURANO dilengkapi sensor yang menyesuaikan color science VENICE 2 dan dirancang secara khusus untuk operator kamera tunggal ataupun kru kecil.

Kamera ini merupakan kamera sinema digital pertama di dunia dengan PL-Mount yang memiliki fitur stabilisasi gambar dalam bodi kamera.

Selain itu, di dalam kerangka kamera yang ringkas sudah terdapat struktur variable ND filter elektronik yang lebih tipis daripada sebelumnya, bersamaan dengan mekanisme stabilisasi gambar optik, hal ini merupakan teknologi mutakhir yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Apabila dudukan lensa PL (PL mount) dilepas, maka kamera ini dapat menggunakan lensa E-mount yang mendukung fast hybrid AF serta subject recognition AF, cocok untuk menangkap subjek yang bergerak cepat.

Sensor full-frame 8,6K Sebagai Fitur Utama

BURANO memiliki sensor full-frame 8,6K dengan banyak spesifikasi yang terdapat di VENICE 2, sehingga memungkinkan BURANO untuk digunakan dalam semua jenis produksi yang juga menggunakan VENICE 2.

Sensor ini memiliki fitur dual base ISO 800 dan 3200, juga 16 stop  latitude untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang paling menantang sekalipun.

Seperti semua kamera dalam jajaran full-frame Cinema Line dari Sony, BURANO akan memiliki kemampuan untuk merekam pada full-frame, Super 35, serta dilengkapi dengan fungsi de-squeeze untuk lensa anamorphic. Kamera ini dapat merekam dengan frame rate hingga 8K 30fps, 6K 60fps, atau 4K 120fps.

BURANO memiliki bodi yang ringkas dan ringan untuk mobilitas tinggi, dengan ukuran sekitar 32mm lebih kecil dan 1,4kg lebih ringan dari kamera VENICE 2.

BURANO memiliki sasis magnesium yang kokoh, sehingga cocok untuk pembuatan film di lingkungan yang paling menantang sekalipun.

Kemasan kamera dan aksesori terbuat dari bahan pokok selulosa berbasis tumbuhan dan bukan plastik, hal ini sebagai bagian dari upaya Sony dalam kepedulian terhadap lingkungan.

Selain itu, bubur kertas dijadikan bahan yang digunakan sebagai bantalan kamera dan tidak menggunakan polistiren.