Find Us On Social Media :

The Fed Akui Chatbot AI ChatGPT Dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja

By Adam Rizal, Senin, 25 September 2023 | 15:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (AS) mengakui teknologi ArtificiaI Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif seperti ChatGPT, GitHub Copilot, dan Stable Diffusion dapat meningkatkan produktivitas pekerja. Meskipun demikian, masih ada banyak pertanyaan dan kurangnya bukti langsung terkait dampak AI ini.

Lisa Cook (Anggota Dewan Gubernur The Fed) mengatakan bukti empiris yang lengkap masih belum ada, tetapi ada penelitian yang menunjukkan peningkatan produktivitas melalui penggunaan AI generatif. 

"Perubahan ini akan menimbulkan transisi sulit bagi pekerja, tetapi dia berpendapat bahwa perubahan tersebut penting untuk membantu pekerja beradaptasi," katanya.

Cook mengibaratkan penggunaan AI mirip dengan digitalisasi pada akhir abad ke-20 yang menyebabkan gangguan dan tantangan, tetapi perubahan ini harus diatasi untuk membantu pekerja berkembang. McKinsey, lembaga riset internasional, mengatakan bahwa generative AI dapat meningkatkan produktivitas pekerja hingga 0,1-0,6 persen per tahun hingga 2040, dan bahkan lebih tinggi jika digabung dengan teknologi lainnya.

Meskipun diperlukan pelatihan untuk pekerja mengadopsi teknologi baru ini, generative AI juga memiliki potensi untuk mengubah dinamika pekerjaan dan berkontribusi pada perekonomian global dengan peningkatan hingga triliunan dolar per tahun.

Adapun jika generative AI ini dikombinasikan dengan teknologi lainnya, produktivitas pekerja dapat naik 0,2 hingga 3,3 persen per tahun. 

Namun, memang para pekerja harus diajarkan terlebih dahulu terkait teknologi baru ini. Kemudian, di sisi lain kehadiran generative AI juga dapat membuat banyak orang berganti pekerjaan. 

Kendati demikian, menurut laporan tersebut generative AI dapat meningkatkan perekonomian global hingga US$2,6- US$4,4 triliun per tahun atau sekitar Rp39.928-Rp67.571 triliun.

DALL-E 3

OpenAI Luncurkan Mesin AI Dall-E 3, Dapat Membuat Gambar Lewat ChatGPT

OpenAI meluncurkan mesin AI terbarunya Dall-E 3 sekaligus menggantikan varian sebelumnya Dall-E 2 yang hadir tahun lalu.

Seperti namanya, AI Art Generator itu memiliki kemampuan unik yaitu membuat gambar berdasarkan deskripsi teks yang sangat rinci dan perintah yang kompleks.