Find Us On Social Media :

Review Acer Aspire 5 Spin 14: 2-in-1 untuk Bekerja dan Hiburan

By Dayu Akbar, Selasa, 26 September 2023 | 15:20 WIB

Acer Aspire 5 Spin 14

Acer menyediakan lini laptop yang cukup beragam, salah satunya laptop convertible atau juga kerap disebut sebagai laptop 2-in-1. Untuk lini tersebut, Acer punya pilihan menarik yaitu seri Aspire 5 Spin 14 yang sudah menggunakan 13th Gen Intel® Core™ processors. Ada dua SKU yang bisa dipilih yaitu Intel® Core™ i7-1355U Processor dan Intel® Core™ i5-1335U Processor.

Urusan grafis diserahkan pada chip Intel® Iris® Xe Graphics yang memberikan peningkatan performa hingga 12% dibandingkan generasi ke-11 sehingga memungkinkan para kreator untuk menghasilkan karya terbaik.

Kapasitas memori RAM yang digunakan sebesar 16 GB LPDDR5 yang terpasang pada mode dual-channel secara permanen alias on-board. Karena tidak disediakan slot kosong tambahan, pengguna tidak bisa melakukan upgrade untuk RAM-nya. Begitu pula dengan SSD yang hanya disediakan satu slot dengan dukungan NVMe M.2 PCIe 4.0 x4 yang sudah terpasang kapasitas 512 GB. Dari segi kecepatan, SSD tersebut sudah mumpuni dengan kecepatan transfer data untuk baca dan tulis di kisaran 3000-an MB/s.

Sebagai laptop convertible, Aspire 5 Spin 14 punya desain ultra-flexible berkat engsel layar yang bisa ditekuk hingga 360 derajat. Dengannya, pengguna bisa menggunakannya dalam empat mode yaitu laptop, tablet, tent, dan stand.

 

Keunggulan laptop convertibel adalah engsel yang fleksibel sehingga bisa digunakan dalam empat pilihan mode yaitu laptop, tablet, tent, dan stand.

Saat engsel ditekuk ke mode tablet, tent, atau stand, secara otomatis tombol keyboard akan non-aktif dan penggunaan beralih ke layar sentuh atau menggunakan keyboard virtual. Guna memberikan kenyamanan, laptop ini memiliki ketebalan 1,79 cm dengan berat 1,6 kg sehingga dari sisi portabilitas masih cukup nyaman saat dibawa-bawa.

Aspire 5 Spin 14 dilengkapi dengan layar IPS (WUXGA) sentuh berukuran 14 inci dengan resolusi 1920 x 1200. Resolusi tinggi ini menghasilkan tampilan konten yang tajam dan detail tinggi. Berkat layar beresolusi tinggi ini, desainer, 2D artist dan kreator lainnya dapat berkarya dengan tampilan konten berkualitas yang memanjakan mata.

Penggunaan mode tablet yang kerap menggunakan satu tangan dirasa kurang nyaman karena bobot 1,6 kg yang terbilang masih cukup berat.

Layar yang hadir dalam rasio 16:10 ini juga sudah dilengkapi fitur Acer BluelightShieldTM yang dapat mengurangi paparan sinar biru. Dukungan fitur ini membuat mata pengguna tidak cepat lelah, sehingga tetap nyaman untuk digunakan dalam durasi yang lama.

Dan seperti laptop convertible berbasis layar sentuh lainnya, Acer juga menyediakan aksesori pendukung yaitu Active Stylus 2.0. Stylus ini memiliki tingkat kepekaan tekanan hingga 4096 dan report hingga 266Hz, serta mendukung fitur multi pen dan tilt detection. Dengan menggunakan stylus ini, pengguna dapat menggunakannya dari berbagai sudut, bahkan hingga sudut kemiringan 55 derajat, tanpa mengorbankan akurasi.

Menariknya, stylus ini yang telah tersertifikasi WACOM sehingga “feel” seperti menulis di atas kertas dan sangat responsif. Stylus ini ditempatkan dalam slot khusus di sisi kanan sehingga pengguna dapat menyimpan dengan aman ketika sedang tidak digunakan sekaligus dapat melakukan pengisian daya stylus. Cocok bagi pengguna yang teledor dan kerap sembarangan meletakkan stylus di sembarang tempat.