Find Us On Social Media :

Amazon Investasikan Rp61 Triliun ke Kompetitor OpenAI ChatGPT

By Adam Rizal, Rabu, 27 September 2023 | 15:30 WIB

ChatGPT milik OpenAI

Amazon akan menyuntikkan dana segar USD4 miliar atau sekitar Rp61,6 triliun ke perusahaan penyedia solusi artifical intelligence (AI) Anthropic. Anthropic sendiri adalah kompetitor utama OpenAI yang menawarkan ChatGPT.

Investasi itu membuktikan Amazon tidak ingin ketinggalan dalam persaingan dengan Microsoft dan Google yang telah lebih dulu berlomba-lomba mengembangkan produk AI.

Sebelumnya, Microsoft telah menjadi investor utama dan memiliki saham minoritas di OpenAI, perusahaan yang bertanggung jawab atas platform chat yang ditenagai oleh AI, ChatGPT. Sementara itu, Google juga telah meluncurkan produk serupa dengan ChatGPT yang mereka sebut dengan nama Google Bard.

Anthropic adalah sebuah startup yang baru berusia dua tahun, didirikan oleh mantan kepala tim riset OpenAI. Mereka telah memperkenalkan chatbot serupa dengan ChatGPT yang disebut Claude 2.

Seperti ChatGPT, teknologi yang digunakan dalam Claude 2 dikenal sebagai AI generatif, yaitu teknologi AI yang mampu "menghasilkan" konten seperti teks, gambar, audio, dan video berdasarkan permintaan pengguna.

Kerja sama strategis antara Amazon dan Anthropic mencakup penggunaan layanan cloud AWS sebagai infrastruktur utama Anthropic.

Pelanggan AWS akan menjadi pengguna pertama dari berbagai fitur inovatif dari produk AI yang baru dikembangkan oleh Anthropic.

Anthropic juga akan memanfaatkan semikonduktor yang dirancang oleh AWS untuk melatih "model fondasi" AI mereka.

Model fondasi adalah program AI yang dilatih menggunakan volume data besar sehingga dapat menyesuaikan diri untuk menjalankan beragam tugas.

Hingga saat ini, sebagian besar infrastruktur program AI bergantung pada chip GPU yang diproduksi oleh Nvidia. Dengan kesepakatan ini, Amazon tampaknya ingin bersaing di pasar chip AI.

Selain itu, pelanggan cloud AWS akan dapat menggunakan model yang dimiliki oleh Anthropic melalui layanan Amazon Bedrock.

Dengan platform ini, perusahaan-perusahaan dapat membuat aplikasi AI generatif mereka sendiri di cloud, menggunakan infrastruktur yang disediakan oleh Anthropic, yang jauh lebih efisien dan efektif daripada membangun aplikasi dari awal.