Find Us On Social Media :

Makin Pintar, Kini ChatGPT Mampu Cari Informasi Terbaru dari Internet

By Adam Rizal, Jumat, 29 September 2023 | 15:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

OpenAI terus meningkatkan kemampuan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT untuk memberikan informasi terbaru dan jawaban sesuai permintaan pengguna.

Sebelumnya, ChatGPT hanya mengandalkan data yang tersimpan hingga September 2021 tetapi sekarang ia dapat menjelajahi internet untuk menyajikan informasi terkini secara real-time.

Fitur itu pertama kali diaktifkan melalui plugin Browse with Bing pada Maret 2023, meskipun akhirnya harus dinonaktifkan setelah seminggu karena plugin tersebut memungkinkan ChatGPT mengakses konten berbayar dengan menggunakan file robots.txt.

Pada 28 September 2023, OpenAI mengumumkan kelanjutan dari fitur browsing internet real-time yang dapat dilakukan oleh ChatGPT melalui akun resmi @OpenAI.

"ChatGPT kini dapat menjelajah internet untuk memberikan informasi terkini dan terpercaya, termasuk tautan langsung ke sumbernya. Ini berarti ChatGPT tidak lagi terbatas pada data sebelum September 2021," demikian pernyataan mereka.

OpenAI telah memperbarui fitur ini sehingga situs yang diakses dapat mengontrol file robots.txt dan cara ChatGPT berinteraksi dengan informasi yang mereka miliki seperti dilansir Mashable.

Namun, beberapa situs telah memblokir file robots.txt dan alat web crawler yang dimiliki OpenAI karena mereka menganggap pengambilan informasi tersebut tidak adil bagi situs mereka.

Selain itu, fitur browsing internet ChatGPT juga telah menimbulkan masalah hak cipta dan dikritik karena kurangnya kompensasi dan pengakuan terhadap sumber informasi.

Karena itu, meskipun ChatGPT kini dapat terhubung dengan internet, ia tetap tidak dapat mengakses informasi dari beberapa situs berita dan situs lain yang telah memblokir alat yang dimiliki oleh OpenAI.

Beberapa di antaranya termasuk New York Times, The Washington Post, The Guardian, Reuters, Amazon, Wikihow, Quora, Shutterstock, dan Indeed.

Saat ini, fitur browsing hanya tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus dan Enterprise, tetapi akan segera diperluas untuk semua pengguna yang ingin mengaktifkannya dengan memilih opsi "Browsing with Bing."

Baca Juga: Daftar Aplikasi Smartphone yang Tawarkan Fitur AI, Bing hingga Siri

Baca Juga: Meta Bakal Luncurkan Fitur Gambar AI Restyle dan Backdrop ke Instagram