Find Us On Social Media :

Tantang ChatGPT, Meta Resmi Luncurkan Chatbot Canggih Meta AI

By Adam Rizal, Sabtu, 30 September 2023 | 09:00 WIB

Meta AI

Baru-baru ini Meta, perusahaan Induk Facebook dan Instagram memperkenalkan chatbot bernama Meta AI. Chatbot ini sekarang tersedia melalui aplikasi WhatsApp, Messenger, dan Instagram, memudahkan akses tanpa perlu menginstal aplikasi terpisah seperti ChatGPT.

Meta AI, layanan berbasis kecerdasan buatan (AI) generatif, diumumkan dalam konferensi tahunan Meta, Connect 2023. Seperti ChatGPT milik OpenAI, Meta AI juga menawarkan percakapan yang canggih. Yang membedakan adalah kerja sama Meta dengan Microsoft Bing, yang memungkinkan Meta AI menampilkan hasil web secara real-time.

Selain itu, Meta AI juga dapat menghasilkan gambar realistis tanpa perlu aplikasi tambahan, mengingatkan pada teknologi DALL-E dari OpenAI yang menghasilkan gambar melalui ChatGPT.

Meskipun Meta tidak memberikan detail teknis tentang pelatihan chatbot AI mereka, mereka mengungkapkan penggunaan model bahasa khusus yang didasarkan pada Llama 2.

Meta menegaskan mereka tidak menggunakan konten dari Instagram dan Facebook untuk melatih model bahasa mereka. Salah satu contoh penggunaan Meta AI adalah membantu pengguna menampilkan opsi jalan ketika membahas rute di Santa Cruz, misalnya. Dengan perintah tersebut, Meta AI akan secara langsung menampilkan opsi jalan dalam obrolan, memungkinkan pengguna untuk memutuskan bersama.

Meskipun belum ada rincian tentang cara chatbot ini berintegrasi dengan WhatsApp, Instagram, dan Messenger, chatbot ini hanya tersedia dalam versi beta untuk pengguna di Amerika Serikat saat ini. Meta juga merencanakan untuk membuat chatbot ini tersedia di produk seperti kacamata pintar Ray-Ban Meta dan Quest 3 di masa depan.

Selain chatbot, Meta juga memperkenalkan stiker berbasis AI dalam beberapa aplikasi media sosialnya. Pengguna dapat membuat stiker khusus dan berkualitas tinggi dalam obrolan. Fitur ini akan diluncurkan secara bertahap kepada pengguna berbahasa Inggris di WhatsApp, Messenger, Instagram, dan Facebook Stories.

Fitur lainnya adalah kemampuan pengeditan gambar dengan AI, yang memungkinkan pengguna mengedit foto atau membuat gambar bersama teman di Instagram dengan efek visual dan mengubah latar belakang gambar sesuai keinginan.

Fitur Meta AI

Ilustrasi Meta

Meta berkomitmen mengintegrasikan teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif ke setiap produk layanannya termasuk Instagram. Pertama-pertama, Meta akan menghadirkan fitur edit gambar AI "Restyle" yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan foto mereka dengan filter AI generatif.

Selain itu, Meta juga memperkenalkan fitur Backdrop yang merupakan green screen generatif berbasis AI. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk menggantikan latar belakang foto dengan pemandangan yang berbeda. Meta belum mengumumkan tanggal pasti kapan kedua fitur ini akan tersedia.