Find Us On Social Media :

Kalahkan Instagram, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh

By Adam Rizal, Sabtu, 30 September 2023 | 15:00 WIB

Cara bayar TikTok Shop pakai Gopay

App Figures mengungkapkan saat ini Tiktok merajai aplikasi di dunia menggeser peran Instagram dan WhatsApp. Tiktok meraih 54 juta unduhan secara keseluruhan, menempatkannya di puncak daftar, bahkan mengalahkan Instagram dan Facebook. Selain itu, Tiktok juga menjadi aplikasi paling banyak diunduh di iPhone dengan 16 juta unduhan baru.

Meskipun Tiktok berada di puncak di sebagian besar kategori, perlu dicatat bahwa dalam laporan Google Play, Tiktok berada di urutan kedua dengan 38 juta unduhan, hanya terpaut 4 juta dari Instagram. Instagram tetap kuat dalam persaingan, menduduki posisi kedua dengan 52 juta unduhan secara keseluruhan, dan di iPhone berada di urutan ketujuh dengan 10 juta unduhan.

Sementara itu, keluarga Meta, termasuk Facebook, masuk dalam 10 besar pada Android, tetapi tidak dalam 10 besar untuk iOS App Store. WhatsApp, yang juga merupakan bagian dari Meta, berhasil masuk dalam 10 besar dalam beberapa kategori, dengan 9 juta unduhan di App Store, 27 juta unduhan di Google Play, dan 37 juta unduhan secara keseluruhan.

Aplikasi Meta lainnya, Threads, hanya masuk dalam 10 besar di App Store dengan 10 juta unduhan. Rival WhatsApp, Telegram, juga mencatatkan prestasi dengan masuk dalam 5 besar dalam total unduhan sebesar 25 juta, meskipun terpaut 12 juta unduhan dari WhatsApp yang berada di posisi keempat. Di Google Play, Telegram juga masuk dalam 5 besar dengan 18 juta unduhan, tetapi tidak terlihat di App Store.

Pakai AI

TikTok memperkenalkan inovasi terbaru yang memungkinkan pembuat konten mengidentifikasi penggunaan alat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam pembuatan konten mereka.

Sebelumnya, pedoman pengguna TikTok mengharuskan pembuat konten mengungkapkan jika mereka menggunakan alat AI dalam pembuatan konten mereka.

Dengan fitur baru ini, pembuat konten akan menandai konten mereka dengan label AI dan memberi tahu pemirsa kapan video atau foto dibuat dengan bantuan AI.

Dalam tampilan video, label AI akan terlihat jelas di bawah nama pengguna dan memberikan informasi yang jelas kepada pemirsa. TikTok juga memberikan peringatan bahwa konten yang tidak mengungkapkan penggunaan alat AI dapat dihapus.

Selain itu, TikTok berencana untuk menguji cara otomatis untuk mengidentifikasi konten yang dihasilkan oleh AI. Hal ini merupakan langkah penting mengingat penyebaran cepat konten yang dibuat oleh alat AI di platform ini, baik oleh pengguna individu maupun oleh perusahaan seperti dikutip The Verge.

Contoh konkret penggunaan AI adalah perangkat lunak kloning suara yang digunakan untuk menciptakan konten viral seperti lagu-lagu palsu yang sangat meyakinkan dari Drake atau klip palsu dari Taylor Swift yang memberikan semangat, yang telah dilihat oleh jutaan penonton.

TikTok juga berencana untuk mengubah nama efek yang menggunakan alat AI dengan menambahkan "AI" dalam nama efek tersebut, dan mereka akan mewajibkan pembuat efek untuk mengikuti peraturan tersebut.