Find Us On Social Media :

Review ASUS Zenfone 10: Performa ROG Phone dengan Bodi Mini

By Dayu Akbar, Minggu, 8 Oktober 2023 | 21:35 WIB

ASUS Zenfone 10

Akhir September 2023, ASUS resmi meluncurkan smartphone terbarunya yaitu Zenfone 10 yang merupakan suksesor dari Zenfone 9. Sebagai generasi yang lebih baru, ASUS tentu saja menyematkan beberapa fitur dan teknologi yang lebih baru.

Zenfone 10 sendiri di Indonesia hadir dalam dua pilihan. Versi 8+128 GB dan 16+512 GB. Untuk versi 8+128 GB ada lima pilihan warna-warna cerah dan versi 16+512 GB yang kami uji ini cuma punya satu warna aja yaitu Midnight Black atau hitam.

Jika Anda masih ingat dengan Zenfone 9, maka bisa dibilang tampilan Zenfone 10 ini mirip. Bagi Anda yang bosan dengan smartphone kekinian yang rata-rata memiliki ukuran layar 6 inci keatas, maka Zenfone 10 terasa berbeda karena memiliki dimensi lebih kompak berkat ukuran layar yang hanya 5,92 inci serta bobot hanya 172 gram. Berdasarkan pengalaman kami memang terasa lebih mantap saat digenggam dan digunakan dengan satu tangan.

Punya bodi dan desain mirip dengan Zenfone 9, pembeda antara keduanya terletak pada tulisan ASUS Zenfone serta logo di sisi pinggirnya.

Kemiripan dengan Zenfone 9 juga terasa dari desain ikonik-nya yang tampil dengan dua modul kamera berukuran besar di bagian belakang. Bodi belakangnya terbuat dari polikarbonat dengan frame logam yang memiliki lapisan kesat dan sudah mendapatkan sertifikasi IP68 sehingga tahan terhadap air dan debu.

Penempatan tombol fisik juga tidak berubah, pada sisi kanan terdapat tombol Volume yang menonjol dan dibawahnya terdapat tombol Power yang lebih cenderung ke dalam. Hal ini dikarenakan tombol Power-nya juga disematkan sensor sidik jari untuk keamanan tambahan. Sisi bawah terdapat slot kartu yang hanya mendukung dua kartu SIM saja, serta port USB type-C dan lubang speaker. Menariknya, meski hanya ada satu di sisi bawah namun speakernya sudah stereo karena speaker satunya terdapat di bagian earpiece. Sedangkan port audio 3.5mm ditempatkan di sisi atas.

Meski sisi bawah hanya terdapat satu speaker namun keluaran audio-nya sudah stereo karena speaker satunya terdapat di bagian earpiece.

Di sektor layar juga hanya terdapat sedikit perbedaan dimana kali ini dukungan refresh rate-nya lebih tinggi yaitu hingga 144Hz. Secara khusus, refresh rate 144Hz ini hanya bisa aktif saat Anda bermain game yang mendukungnya. Makanya, Anda hanya akan menjumpai pilihan refresh rate 60Hz, 90Hz, dan 120Hz saja. Untuk spesifikasi lainnya, Zenfone 10 menggunakan panel Super AMOLED yang memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels.

Layarnya juga memiliki akurasi warna tinggi dan tajam karena memiliki tingkat delta E kurang dari 1 serta 112% DCI-P3. Begitu pula dengan kemampuannya yang masih terlihat jelas meski layar dilihat dari luar ruang dalam kondisi siang hari. Guna melindungi dari goresan, layarnya sudah terlindung Gorilla Glass Victus. Mungkin ini pula yang membuat ASUS tidak lagi menambahkan screen protector pada layarnya.

Bagian belakang hanya memiliki dua kamera dimana kamera utama 50 MP-nya dilengkapi dengan fitur 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 untuk meredam guncangan saat merekam video.

Sedikit perbedaan juga terdapat pada spesifikasi kamera. Zenfone 10 dibekali dua kamera belakang dengan resolusi masing-masing kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 13 MP. Hanya saja kali ini kamera utamanya disematkan fitur 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0. Fitur ini bisa mengatasi masalah guncangan saat merekam video.

Beberapa pengujian kamera kami lakukan pada kondisi siang dan malam hari. Hasil foto siang hari dengan mode Photo, menghasilkan warna yang cukup akurat. Bergeser ke kamera utrawide terlihat foto lebih pucat. Kemudian pada kondisi malam, kami lebih menyukai hasil foto pada mode Photo ketimbang mode Night. Pada mode Photo hasilnya lebih natural, sedangkan pada mode Night hasil foto cenderung memiliki warna yang berlebihan.