Find Us On Social Media :

Tantang Chrome OS, Microsoft Bikin Windows 12 Khusus Web Berbasis AI

By Adam Rizal, Selasa, 3 Oktober 2023 | 13:00 WIB

Windows 12

Microsoft mengembangkan sistem operasi varian terbaru Windows 12 yang fokus meningkatkan pengalaman pengguna ketika menjelajah web.

Harapannya, Windows 12 khusus web itu mampu bersaing dan mengalahkan dominasi Chrome OS di sektor pendidikan.

Sebagai informasi, Windows 12 khusus web bukanlah pengganti untuk Windows 32-bit tradisional, melainkan sebuah alternatif modern, modular, dan ringan yang ditujukan khusus untuk perangkat pendidikan tingkat dasar.

Microsoft telah memastikan rencana itu dalam memo internal yang menyatakan pembentukan tim "Windows dan Web Experience" bertugas mengembangkan produk generasi berikutnya untuk Windows dan web.

Dalam daftar pekerjaan tim tersebut, Microsoft juga akan menghadirkan pengalaman serta aplikasi Windows generasi berikutnya yang mencakup seluruh ekosistem pelanggan dan layanan awan seperti dikutip Gizmochina.

Windows 12 khusus web itu kemungkinan besar akan bergantung pada Microsoft Edge dan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Microsoft sedang menjelajahi kemungkinan penggunaan AI untuk meningkatkan kecerdasan Microsoft Edge dan memahami konten web serta perilaku pengguna.

Integrasi ini diharapkan akan memiliki dampak signifikan pada perkembangan Windows 12.

Microsoft telah berusaha untuk memodernisasi Windows dengan memisahkan komponen-komponennya dalam beberapa tahun terakhir, dengan tujuan menciptakan versi sistem operasi yang lebih ringan.

Contoh nyata dari upaya ini adalah Windows 10X, yang awalnya dirancang sebagai pesaing Chrome OS. Sayangnya, Windows 10X tidak pernah mencapai pasar dan masih dalam tahap pengembangan.

Sementara itu, Windows 12 yang berfokus pada web diharapkan akan dirilis pada tahun 2024.

Microsoft masih harus menantikan informasi lebih lanjut mengenai fitur dan peningkatan yang akan ditawarkan oleh Microsoft dalam varian baru ini.