Find Us On Social Media :

Tingkatkan Kinerja Hybrid, Zoom Pamerkan Inovasi AI di Zoomtopia 2023

By Adam Rizal, Kamis, 5 Oktober 2023 | 16:00 WIB

Ricky Kapur (Head of APAC Zoom)

Hari ini Zoom Video Communication, Inc. melangsungkan acara tahunannya, Zoomtopia 2023. Pada kesempatan ini, Zoom memperkenalkan beragam inovasi terbaru di platform mereka yang didukung oleh kecanggihan AI untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari melalui perangkat komunikasi dan kolaborasi yang efektif.

Produk terobosan dari Zoom, yakni Zoom Docs, menjadi solusi kolaborasi berbasis AI terkini. Zoom Docs merupakan ruang kerja modular yang fleksibel, serta terintegrasi erat dengan Zoom dan berbagai aplikasi pihak ketiga, sehingga memudahkan tim dan individu untuk memulai, berkolaborasi, mengelola, serta menjaga keteraturan alur kerja dalam proyek.

Zoom Docs dibekali dengan fitur-fitur dokumen standar, yang disertai oleh fitur seperti wiki dan kemampuan drag-and-drop blok-blok berisi konten ketika membuat tabel, diagram, dan gambar. 

Pengguna Zoom Docs juga bisa memanfaatkan fitur berbasis AI untuk mengisi dokumen dengan konten dari Zoom Meetings, menghasilkan konten dengan bantuan Zoom AI Companion, meringkas konten dengan cepat, mencari dokumen dengan mudah, dan masih banyak lagi. Zoom Docs akan tersedia untuk publik di tahun 2024.

"Seiring dengan pekerjaan yang terus berkembang dan hadirnya tantangan-tantangan baru, satu hal akan tetap sama, bahwa perangkat komunikasi dan kolaborasi yang efektif sangat penting bagi kesuksesan sebuah bisnis," ucap Eric S. Yuan, Founder dan CEO Zoom. 

Eric mengatakan Zoom berpegang teguh dalam melakukan hal yang benar dan mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan kami. Zoom paham bahwa para pemimpin perusahaan dihadapkan pada rintangan baru setiap hari — baik dalam menavigasi gaya kerja hybrid, meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi antara pelanggan dan karyawan, memutuskan bagaimana cara memanfaatkan AI generatif untuk memberdayakan para karyawan, maupun mengurangi kompleksitas solusi TI mereka. 

"Inovasi baru kami menunjukkan komitmen Zoom dalam mengembangkan platform ini untuk memberdayakan hubungan antar manusia tanpa batas dan memecahkan masalah bisnis yang nyata," katanya.

Zoom AI Companion memberikan dampak melalui kecerdasan buatan Asisten digital AI generatif Zoom yang baru-baru ini diumumkan, yakni Zoom AI Companion, kini turut hadir sebagai kemampuan baru pada Zoom Whiteboard. 

Saat ini, Zoom AI Companion juga tengah memperluas layanannya kepada pelanggan Zoom di berbagai industri, termasuk pelanggan di sektor perguruan tinggi dan layanan kesehatan, dengan memperkenalkan kemampuan merangkum rapat (meeting) dan percakapan tim (team chat). Berbeda dengan penawaran serupa lainnya – yang mengenakan biaya sekitar $30 per bulan untuk setiap pengguna – Zoom AI Companion dapat digunakan tanpa biaya tambahan bagi pengguna berbayar yang memenuhi syarat.

Zoom AI Companion membantu pengguna dalam berbagai aspek, seperti mengejar ketertinggalan diskusi rapat yang sedang berlangsung, meringkas percakapan panjang (chat thread), menulis email pada Zoom Mail, dan lain-lain. Kini, AI Companion juga dapat membantu menghasilkan ide pada papan tulis digital dan memasukannya ke dalam beberapa kategori, sehingga tim dapat bekerja lebih cepat.

Silakan kunjungi laman ini untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai AI Companion dan fitur-fitur real-time lainnya yang ditawarkan dalam platform Zoom.

Memungkinkan kolaborasi yang fleksibel pada platform modern

Zoom telah dirancang khusus untuk mendukung beragam model kerja, termasuk gaya kerja hybrid, kerja jarak jauh, dan kerja di kantor. Memberikan pengalaman kerja yang luar biasa bagi karyawan telah menjadi kunci kesuksesan Perusahaan di era kerja hybrid, di mana karyawan didukung dengan beragam gaya kerja. 

Untuk meningkatkan kualitas pengalaman tersebut, Zoom telah meluncurkan serangkaian inovasi berikut:

Meningkatkan keterlibatan karyawan: Melalui akuisisi Workvivo pada awal tahun ini, Zoom menghadirkan cara baru bagi perusahaan untuk menjaga karyawan agar selalu mendapat informasi terbaru, serta tetap terlibat dan terhubung dalam lingkungan kerja hybrid. Memiliki strategi yang memperkuat keterlibatan karyawan menjadi semakin penting di era saat ini, di mana tenaga kerja terdistribusi di beberapa lokasi berbeda. 

Pengguna Zoom akan segera dapat mengakses Workvivo langsung dari Zoom Desktop Client dalam beberapa minggu mendatang.

Gaya kerja hybrid:

Selain memberi saran letak meja kerja yang sesuai bagi pengguna agar dekat dengan rekan kerja utama, Workspace Reservation akan menambahkan fitur Wayfinding di tahun depan. Fitur ini akan memandu pengguna menuju tempat duduk yang telah mereka reservasi dan, apabila pengguna berada di kantor baru, mereka dapat melihat lingkungan kerja baru tersebut melalui perangkat seluler mereka, sehingga lebih mudah untuk menemukan meja kerja yang telah direservasi.

Huddles adalah ruang kerja bersama virtual yang menyatukan karyawan dari semua lokasi – baik tim yang berada di kantor, hybrid, maupun jarak jauh. 

Zoom kini telah memperkenalkan indikator kehadiran dan informasi lokasi melalui My Office View, sehingga para pengguna dapat mengetahui kapan rekan kerja mereka berada di Huddles secara virtual atau berada di kantor secara fisik. 

My Office View pada Huddles akan tersedia di tahun 2024.

Kolaborasi: Zoom telah menyederhanakan proses persiapan rapat melalui solusi seperti Calendar, Mail, Team Chat, dan yang terbaru, Zoom Scheduler. Kini, dengan fitur baru pada Zoom Scheduler, pengguna dapat memasukkan tautan single-use booking untuk mempertahankan kendali atas kalender mereka sendiri, menambahkan logo pada laman booking yang disesuaikan untuk menjaga konsistensi brand perusahaan terhadap pengalaman pengguna, dan mendukung integrasi beberapa akun agar pengguna dapat melihat ketersediaan jadwal mereka dari beberapa kalender berbeda, seperti kalender kerja dan pribadi. Dalam waktu dekat, pengguna akan dapat menggunakan unique schedules of availability per host, sehingga pengguna tidak perlu reservasi jadwal untuk tim atau wilayah yang berbeda-beda. 

Pengguna juga dapat mendelegasikan tugas, agar asisten eksekutif atau anggota tim lainnya dapat melakukan reservasi jadwal untuk rekan kerja lain yang perlu terlibat. Fitur ini pun dapat mengintegrasikan Salesforce dengan Scheduler untuk menyatukan rekaman rapat dari Zoom Scheduler di Salesforce secara otomatis.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai pembaruan pada Zoom Meetings, Zoom Rooms, dan produk Zoom One lainnya.

Memperkuat relasi dengan pelanggan

Solusi Zoom untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan atau customer experience (CX) yang didukung AI, membantu memastikan bahwa tim yang berhadapan langsung dengan pelanggan memperoleh semua kebutuhan mereka untuk mendukung dan berinteraksi dengan pelanggan pada satu tempat, di mana pun mereka berada.

Inovasi terbaru Zoom dapat membantu tim-tim berikut untuk memperkuat relasi mereka dengan pelanggan:

Agen dan supervisor untuk layanan pelanggan:

Melalui AI Expert Assist, AI generatif dapat mendengarkan, mengadaptasi, dan menyajikan output yang membantu merampingkan alur kerja pusat bantuan secara real-time.

Bagi para agen, AI dapat menggunakan bahasa percakapan alami untuk memberikan saran tindakan lanjut yang sesuai konteks secara real-time, serta secara otomatis menampilkan informasi pelanggan dan informasi tambahan yang berguna dalam percakapan tersebut. Bagi supervisor, fitur ini dapat memberi saran untuk tindakan selanjutnya yang dapat membantu tim mengurangi biaya dari pekerjaan manual dan menghindari terlewatnya peluang untuk peningkatan layanan. 

AI Expert Assist untuk agen akan tersedia pada akhir tahun ini, sementara fitur untuk supervisor akan tersedia pada awal tahun depan. Banyak brand yang ingin terhubung melalui channel yang sudah digunakan oleh para pelanggannya untuk membangun relasi yang lebih personal, lebih cepat tanggap, dan peningkatan loyalitas jangka panjang.

Untuk membantu memfasilitasi hal ini, Zoom Virtual Agent dan Zoom Contact Center akan berintegrasi dengan dua aplikasi pengirim pesan populer dari Meta, yaitu WhatsApp dan Messenger, dalam beberapa bulan mendatang.

Pelaksana acara: Para ketua pelaksana acara akan lebih terbantu selama persiapan dan pelaksanaan acara yang bersifat live dengan bantuan AI generatif di Zoom, melalui penyusunan email undangan acara oleh AI dan lobby chats (tersedia dalam beberapa bulan mendatang), serta sessions (tersedia di tahun depan).

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai inovasi Zoom untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, kunjungi laman ini.

Zoom menyediakan ekosistem terbuka yang memberikan beragam pilihan Zoom adalah platform terbuka, didukung oleh ekosistem yang terdiri atas beragam integrasi, aplikasi, dan mitra yang menawarkan berbagai solusi pihak ketiga, sehingga para pelanggan dapat bekerja dengan Zoom tanpa hambatan untuk meraih pencapaian yang diharapkan.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai pembaruan yang diumumkan Zoom hari ini, yang mempermudah pengguna dalam mengembangkan dan menerapkan alur kerja yang lancar dengan Zoom, silakan kunjungi laman ini.

Baca Juga: Zoom Perkenalkan Asisten Virtual AI Companion, Mirip ChatGPT

Baca Juga: Banjir Kritik, Zoom Tunda Latih Teknologi AI dengan Data Pelanggan