Find Us On Social Media :

Spotify Kembangkan Fitur Terbaru Playlist AI, Ini Fungsinya

By Adam Rizal, Jumat, 6 Oktober 2023 | 09:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi Spotify.

Spotify mengembangkan fitur terbaru Playlist AI yang berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, melengkapi fitur AI Spotify sebelumnya yaitu DJ AI.

Fitur Playlist AI memungkinkan pengguna membuat playlist berdasarkan teks atau petunjuk tertentu.

Melalui akun Threads miliknya, Chris Messina (Seorang Veteran di Bidang Teknologi dan Pencipta Hashtag) membagikan tangkapan layar dari beberapa baris kode dalam aplikasi Spotify yang mencakup referensi kode "Playlist AI."

Selain itu, kode lain menunjukkan bahwa pengguna akan dapat "Mendapatkan playlist berdasarkan petunjuk Anda" atau dalam terjemahan sederhana, membuat playlist berdasarkan deskripsi atau petunjuk teks yang mereka berikan.

Diperkirakan bahwa fitur ini akan menjadi versi Spotify dari ChatGPT seperti dikutip Tech Crunch.

Meskipun demikian, juru bicara Spotify enggan memberikan komentar terkait fitur Playlist AI ini dan belum memiliki informasi resmi tentang fitur atau inovasi apa pun yang dapat mereka bagikan saat ini.

Sebelumnya, Spotify telah memiliki fitur bernama Niche Mixes yang memiliki kemiripan dengan deskripsi Playlist AI. Niche Mixes memungkinkan pengguna untuk membuat campuran algoritmik berdasarkan kata kunci yang mereka masukkan dalam kolom pencarian.

Namun, Spotify menyebutkan bahwa Niche Mixes tidak menggunakan teknologi AI, melainkan mengandalkan algoritma personalisasi. Jika Playlist AI benar-benar diluncurkan, tampaknya akan menjadi lebih canggih daripada Niche Mixes.

Seperti halnya ChatGPT, yang kami bayangkan adalah sebuah playlist yang dibuat dengan deskripsi yang lebih rinci, sehingga lagu-lagu yang direkomendasikan akan lebih cocok. Ini adalah ide yang menarik, dan kita akan menunggu untuk melihat apakah ini akan diimplementasikan oleh Spotify.

Fitur AI Terbaru

Spotify menyebarkan fitur DJ AI Spotify versi beta ke 50 negara di dunia. Sebelumnya, fitur sudah hadir di AS, Kanada, Inggris dan Irlandia. Spotify DJ AI itu tersedia untuk anggota berlangganan premium dan memberikan rekomendasi algoritme tentang apa yang harus didengarkan, sama seperti aplikasi streaming musik lainnya.

"Mulai hari ini, pengguna Spotify Premium di pasar Eropa, Asia, dan Afrika, serta yang di Australia dan Selandia Baru, dapat mengakses DJ dalam versi bahasa Inggris dari aplikasi," tulis perusahaan dalam pengumuman di situs resminya.