Find Us On Social Media :

Bukan Windows 11, Ini OS Windows yang Paling Banyak Dipakai di Dunia

By Adam Rizal, Senin, 9 Oktober 2023 | 15:00 WIB

Ilustrasi Windows 10

Sistem operasi komputer Windows 10 yang hadir pada 2015 masih mendominasi secara global meskipun telah berjalan selama satu dekade.

Jumlah instalasi Windows 10 secara global jauh lebih tinggi daripada versi terbaru, yaitu Windows 11, yang baru diperkenalkan pada tahun 2021.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh situs web analisis StatCounter, Windows 10 adalah sistem operasi yang paling banyak diinstal di seluruh komputer Windows di seluruh dunia, dengan persentase sekitar 71 persen.

Dengan kata lain, Windows 10 dapat dianggap sebagai sistem operasi yang paling populer saat ini karena pangsa pasarnya jauh lebih besar dibandingkan dengan versi lainnya, setidaknya hingga September 2023.

Di sisi lain, Windows 11, yang merupakan versi terbaru dari sistem operasi Windows, baru terpasang di sekitar 23 persen komputer pribadi di seluruh dunia.

Hal ini merupakan selisih yang signifikan jika dibandingkan dengan Windows 10, yang memiliki pangsa pasar sekitar 48 persen.

Sementara itu, versi-versi Windows yang lebih lama daripada Windows 10 semakin ditinggalkan oleh pengguna.

Mayoritas pengguna saat ini lebih memilih menggunakan sistem operasi yang lebih modern, seperti Windows 11 dan Windows 10.

Menurut penelitian yang sama, penggunaan Windows XP saat ini hanya mencakup kurang dari 1 persen komputer.

Windows 7, yang sebelumnya merupakan favorit pengguna, masih terpasang di sekitar 3 persen komputer pribadi.

Windows 8 dan Windows 8.1 juga sudah semakin jarang digunakan oleh pengguna, dengan pangsa pasar masing-masing sekitar 0,35 persen dan 0,61 persen di seluruh dunia.

Di bawah ini adalah daftar pangsa pasar instalasi sistem operasi Windows di seluruh dunia, berdasarkan penelitian StatCounter dari September 2022 hingga September 2023: