Find Us On Social Media :

Sepuluh Rekomendasi Tools yang Harus AI Engineer Punya, Apa Saja?

By Rafki Fachrizal, Senin, 9 Oktober 2023 | 16:00 WIB

Ilustrasi AI Engineer.

Teknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan telah merevolusi cara kita berinteraksi dengan teknologi dan data.

AI engineer nyatanya berada di garis depan dalam bidang teknologi ini, yang bertugas mengembangkan sistem dan aplikasi pintar berbasis AI di sebuah perusahaan/organisasi.

Untuk unggul dalam bidang teknologi yang terus berkembang pesat ini, para AI engineer memerlukan tools (alat-alat) yang komprehensif yang mencakup software, libraries, frameworks, dan juga hardware yang mumpuni.

Nah di dalam artikel ini, InfoKomputer akan membahas beberapa tools penting yang harus dimiliki oleh seorang AI engineer.

1. H2O.ai

H2O.ai adalah platform AI bersifkat open-source yang menawarkan machine learning dan kemampuan analisis prediktif.

Platform ini mendukung beberapa teknik, termasuk deep learning, gradient boosting, dan model linear umum.

H2O.ai memiliki antarmuka yang terbilang mudah digunakan untuk membangun dan menerapkan model machine learning, menjadikannya alat yang bagus untuk digunakan orang-orang dengan pengetahuan AI/ML yang masih sedikit.

2. TensorFlow

Dikembangkan oleh Google, TensorFlow adalah kerangka kerja deep learning bersifat open-source yang telah menjadi landasan rekayasa AI.

TensorFlow menawarkan ekosistem yang komprehensif untuk membangun dan menerapkan model machine learning dan model deep learning.

API (application programming interface) tingkat tingginya, seperti Keras, mampu menyederhanakan pengembangan model, sementara TensorFlow Serving memfasilitasi penerapan model di lingkungan produksi.

Dengan dukungan untuk CPU, GPU, dan TPU, TensorFlow dapat diskalakan dan disesuaikan dengan berbagai konfigurasi perangkat keras.