Perkembangan teknologi Generative AI membuka kemungkinan bagi setiap perusahaan untuk memanfaatkan AI. Akan tetapi, data menjadi bagian sentral dari transformasi AI tersebut.
Itulah kesimpulan utama yang dapat disarikan dari webinar InfoKomputer TechTalk dengan tema “Data, Kunci Sukses Implementasi AI”. Webinar yang didukung oleh Snowflake ini membahas potensi AI bagi perusahaan Indonesia, dan bagaimana data memegang peranan penting dalam transformasi AI tersebut.
Potensi Pemanfaatan AI
Saat ini, teknologi AI sendiri semakin banyak diadopsi perusahaan di seluruh dunia. Hal ini tercermin dari survei IBM di tahun 2022 yang menunjukkan, 35% perusahaan telah menggunakan AI, sementara 42% sedang menjajaki implementasi AI. Untuk area implementasinya sendiri, yang paling besar di optimalisasi operasional, lalu produk baru berbasis AI, serta terkait marketing, seperti customer service dan customer segmentation.
Salah satu yang telah aktif memanfaatkan AI adalah Astra International. Seperti diungkap I Wayan Wisnu Anantawijaya (Div. Head Venture Building, Academy, and Technology, Group Digital Strategy, Astra), saat ini Astra International sudah menggunakan AI di beberapa area. Contohnya pada pembuatan konten, ads optimization, sales planning, dan copilot proses coding. “Salah satu iklan mobil kami telah menggunakan Generative AI,” ungkap Wisnu mencontohkan.
“Data tidak perlu sempurna, namun setidaknya cukup representatif untuk proses selanjutnya,” I Wayan Wisnu Anantawijaya (Div. Head Venture Building, Academy, and Technology, Group Digital Strategy, Astra)
Bagi Astra International yang bergerak di tujuh sektor industri melalui 260 unit bisnis, potensi pemanfaatan AI memang terbuka luas. Namun agar manfaatnya optimal, ada tiga pedoman utama dalam mengidentifikasi proses bisnis yang cocok ditambahkan AI. “Tiga pedoman itu adalah apakah inisiatif tersebut dapat meningkatkan produktifitas, meningkatkan revenue, atau meningkatkan customer experience,” tambah Wisnu.
Astra Digital sendiri berperan dalam membantu unit bisnis dalam mengidentifikasi hal-hal penting tersebut. “Jadi biasanya kami duduk bareng dengan bisnis, memahami apa yang mereka butuhkan, lalu kami buatkan set of bisnis impact [jika implementasi tersebut dijalankan]," tambah Wisnu.
Salah satu faktor penting dalam proses ini adalah mengevaluasi data yang dimiliki. “Data tidak perlu sempurna, namun setidaknya cukup representatif untuk proses selanjutnya,” tambah Wisnu.
Peran Penting Data dalam Implementasi AI
Pentingnya data juga dikemukakan oleh Irzan Raditya (CEO Kata.ai). “Pertarungan sebenarnya dari transformasi AI adalah memastikan adanya data yang berkualitas,” ungkap Irzan. Agar transformasi AI bisa dilakukan, perusahaan harus memiliki data yang terstruktur, terintegrasi, serta memiliki regulasi data security yang baik.
Kemajuan teknologi LLM sebenarnya membuka peluang bagi setiap organisasi untuk memanfaatkan AI. Di satu sisi, teknologi LLM akan memudahkan proses pengumpulan dan pembersihan data. Irzan mencontohkan, saat ini Kata.ai bisa membuat chatbot untuk sebuah perusahaan dengan melakukan crawling situs, memindai dokumen PDF, dan lain sebagainya. Teknologi LLM juga bisa digunakan untuk membersihkan data yang ada, seperti menyeragamkan penggunaan nama sebuah parameter.