Find Us On Social Media :

Kalahkan Photoshop, Adobe Bakal Hadirkan Pengeditan Foto Berbasis AI

By Adam Rizal, Rabu, 11 Oktober 2023 | 09:00 WIB

Ilustrasi kantor Adobe

Saat ini perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan produk dan solusi berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Baru-baru ini Adobe akan meluncurkan software pengeditan foto berbasis AI terbaru yang dapat membantu merevolusi penggunaan Photoshop.

Adobe resmi memperkenalkan Project Stardust dalam acara Adobe Max pekan ini. Project Stardust adalah software pengeditan foto AI yang mempermudah pengguna untuk mengedit gambar tanpa perlu memiliki pengalaman sebelumnya dalam bidang pengeditan foto.

Hal itu berarti Anda tidak perlu menjadi seorang fotografer profesional atau desainer grafis untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.

"Cukup dengan beberapa klik, siapa pun dapat membuat foto yang terlihat profesional," kata Adobe dalam situsnya

Meskipun Project Stardust masih dalam tahap pengembangan, Adobe telah memperlihatkan beberapa fitur menariknya dalam sebuah video teaser.

Alat ini secara mengesankan mampu menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto, seperti koper atau orang di latar belakang, dengan lancar mengisi dan menyatukan gambar.

Selain itu, kehadiran teknologi AI dapat mengganti objek dengan alternatif lainyya yang dibuat oleh AI bahkan dengan bantuan perintah teks seperti dikutip The Verge.

Project Stardust memiliki berbagai kemampuan menarik termasuk penghapusan objek yang tidak diinginkan dari foto, penggantian latar belakang, pengubahan warna atau gaya objek dalam foto, penambahan objek baru ke foto, dan pembuatan gambar komposit dengan menggabungkan beberapa foto.

Meskipun masih dalam pengembangan, Project Stardust berpotensi membawa revolusi dalam dunia pengeditan foto dan diharapkan akan segera dirilis ke publik dalam waktu dekat.

Berikut beberapa terobosan yang dapat dilakukan Project Stardust:

- Hapus objek yang tidak diinginkan dari foto: Hapus orang, objek, atau bahkan noda dari foto dengan mudah tanpa perlu pengeditan manual. Misalnya, Anda dapat menghilangkan photobomber dari foto liburan atau cacat dari potret.