Find Us On Social Media :

Kontrak Habis, Apple Bakal Gantikan Google Search dengan DuckDuckGo

By Adam Rizal, Rabu, 11 Oktober 2023 | 13:00 WIB

DuckDuckGo

Apple berencana akan menggantikan mesin pencari bawaan perangkat Apple seperti iPhone dkk dari Google Search menjadi DuckDuckGo.

Hal itu menyusul kontrak Google senilai USD 8 miliar per tahun akan segera berakhir seperti dilansir The Verge.

Google sangat menginginkan Google Search menjadi mesin pencari default atau bawaan di setiap perangkat Apple, mengingat pengguna Apple sangat besar di dunia.

Salah satu alasan Apple melirik mesin pencari DuckDuckGo karena Google sedang terlibat skandal hukum yaitu pelanggaran aturan antimonopoli.

Jika Google dinyatakan bersalah, Apple mungkin terpaksa mencari solusi pengganti. Apple telah menjajaki opsi kerja sama dengan berbagai mesin pencari lainnya termasuk Bing.

Sayangya, Apple belum menemukan kesepakatan dengan Microsoft karena Bing dianggap kurang mampu bersaing dalam hal kemampuan dan kualitas pencarian yang ditawarkan oleh Google.

Celah ini membuka pintu kerja sama baru antara Apple dan DuckDuckGo. Meskipun pangsa pasar DuckDuckGo hanya sekitar 0,71% secara global, mesin pencarian ini dikenal karena fokus pada privasi yang dapat memberikan pengalaman pencarian yang lebih aman dan privasi daripada pesaingnya.

Namun, kesepakatan antara Apple, Google, dan DuckDuckGo masih menjadi tanda tanya, karena mereka harus menunggu putusan dari pengadilan dan pihak-pihak terkait sebelum keputusan akhir dapat diambil.

Skandal Monopoli

Ilustrasi Google.

Pemerintah AS menggugat Google dengan tuduhan membayar sekitar Rp153 triliun per tahun kepada Apple dan perusahaan lainnya untuk menjaga dominasinya dalam pasar mesin pencari.

Ketika pengguna membuka Safari di iPhone, maka pengguna akan melihat Google sebagai mesin pencari default secara otomatis. Tuduhan itu muncul dalam sidang antimonopoli terbesar di AS dalam lebih dari dua dekade, yang dimulai pada hari pertama persidangan yang penting.