Find Us On Social Media :

Demi Transparansi, Adobe Bakal Labeli Konten-konten Buatan AI

By Adam Rizal, Kamis, 12 Oktober 2023 | 13:00 WIB

Adobe Firefly

Adobe dan perusahaan lain sedang mengembangkan sebuah label notifikasi yang bisa disematkan pada konten sekaligus mengungkap asal-usulnya termasuk apakah konten itu buatan artificial intelligence (AI).

Adobe menyebut label itu sebagai "ikon transparansi" yang akan hadir di software pengeditan foto dan video Adobe seperti Photoshop atau Premiere dan Bing Image Generator dari Microsoft.

Nantinya, Adobe akan memasukkan label itu ke dalam metadata gambar, video, dan PDF untuk menginformasikan siapa pemilik dan pencipta konten tersebut.

Ketika pengguna melihat gambar secara online, maka pengguna dapat mengarahkan kursor ke simbol ini dan akan muncul menu yang berisi informasi tentang kepemilikan.

Adobe mengembangkan label ini sebagai bagian dari Koalisi untuk Asal Usul dan Keaslian Konten (C2PA) yang bertujuan mengembangkan standar teknis untuk mengesahkan sumber dan asal-usul konten.

C2PA juga melibatkan perusahaan lain seperti Arm, Intel, Microsoft, dan Truepic, yang memiliki hak cipta atas simbol ini.

Andy Parsons (Direktur Senior Inisiatif Keaslian Konten Adobe) mengatakan cara ini melibatkan berbagai organisasi dalam mencapai kesepakatan dalam penggunaan simbol ini.

"Label ini akan memberitahu pengguna tentang asal-usul konten media tersebut dan menciptakan lebih banyak transparansi dalam cara konten tersebut dibuat," katanya.

Meskipun simbol ini terlihat dalam gambar, informasi dan simbol tersebut juga tertanam dalam metadata sehingga tidak dapat dihapus menggunakan Photoshop.

Adobe mengatakan bahwa perusahaan lain dalam C2PA akan mulai mengadopsi simbol ini dalam beberapa bulan mendatang.

Sebagai contoh, Microsoft akan segera mengganti watermark digital yang digunakan dalam kontennya dengan ikon yang baru. Penting untuk dicatat bahwa penggunaan simbol ini bersifat opsional.

Adobe pertama kali mengumumkan fitur "Content Credentials" pada 2021 dan telah membuatnya tersedia dalam versi beta Photoshop tahun lalu.