Find Us On Social Media :

EcoStruxure Bantu Wujudkan Pengolahan Air yang Sustainable di Industri

By Rafki Fachrizal, Kamis, 12 Oktober 2023 | 15:30 WIB

Solusi EcoStruxure untuk Smart Pumping di Sektor Industri.

Sektor industri memiliki tanggung jawab melakukan upaya konservasi sumber daya air di lingkungan operasionalnya melalui 3R yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle.

Hal ini menjadi bagian dari persyaratan untuk dapat memperoleh Sertifikasi Industri Hijau, di mana intensitas penggunaan air, pengolahan, dan pemanfaatan air daur ulang serta intensitas penggunaan energi dalam sistem pengolahan air menjadi aspek yang dievaluasi dan diaudit untuk mengukur efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara sustainable (berkelanjutan).

Pengolahan sumber daya air secara berkelanjutan oleh sektor industri juga tercantum dalam target ‘Sustainable Development Goals 6 dan 12’.

Sektor industri dituntut untuk melakukan proses produksi dan konsumsi sumber daya secara bertanggung jawab, serta memastikan ketersediaan dan mengelola sumber daya air secara berkelanjutan dengan melakukan efisiensi, daur ulang air yang bersih dan aman bagi lingkungan, serta mengintegrasikan sistem pengolahan air.

Pompa dan sistem pompa memiliki peranan krusial dalam mendukung upaya pengolahan air yang berkelanjutan ini.

Namun kebocoran dan kerusakan sistem pompa yang seringkali tak terdeteksi, proses pengolahan dan distribusi air yang tidak efisien hingga konsumsi energi yang tinggi dalam pengoperasian pompa menjadi tantangan tersendiri yang perlu diatasi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Schneider Electric menyediakan solusi EcoStruxure untuk Smart Pumping di sektor industri.

Solusi ini memungkinkan para produsen pompa dan sistem pompa menciptakan teknologi pompa yang lebih fleksibel, terkoneksi, andal, efisien dan ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan di era industri hijau.

“Sistem pengolahan air membutuhkan tata kelola pompa dan sistem pompa yang cerdas agar dapat meningkatkan keamanan, keandalan, dan keberlanjutan distribusi air di lingkungan operasional. Hal ini juga menjadi bagian dari upaya mendukung konservasi air yang menjadi salah satu kriteria standarisasi industri hijau,” kata Martin Setiawan, Business Vice President Industrial Automation Schneider Electric Indonesia & Timor Leste.

Dijelaskan Martin, arsitektur EcoStruxure untuk Smart Pumping mengombinasikan teknologi augmented operator, machine advisor dan resource advisor yang memungkinkan visibilitas yang lebih baik terhadap kondisi dan kinerja pompa melalui pemantauan jarak jauh dan real time, pemeliharaan prediktif hingga meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengolahan air.

“Tidak hanya itu teknologi power monitoring expert juga memungkinkan efisiensi konsumsi energi pada sistem pompa yang saat ini menjadi kontributor terbesar dalam total biaya kepemilikan pompa,” sambungnya.

Lebih lanjut, sistem pemompaan yang cerdas dengan arsitektur EcoStruxure untuk Smart Pumping dari Schneider Electric dapat memberikan visibilitas menyeluruh terhadap pengolahan sumber daya air dari awal hingga akhir, memungkinkan analisa terhadap kinerja pompa agar lebih efisien, serta mendeteksi potensi kegagalan dan kebocoran.

Sistem pompa cerdas juga dapat mengetahui konsumsi energinya dan menganalisa potensi efisiensi yang dapat dilakukan untuk mengurangi konsumsi energi dan menekan emisi karbon.