Find Us On Social Media :

Meta Pakai Data Postingan Pengguna untuk Melatih Kemampuan AI

By Adam Rizal, Jumat, 13 Oktober 2023 | 13:00 WIB

Meta AI

Meta Inc mengakui menggunakan konten yang dibagikan oleh pengguna di Facebook dan Instagram sebagai bahan pelatihan untuk asisten artificial intelligence (AI) ataukecerdasan buatan terbarunya Meta AI.

Nick Clegg (Presiden Urusan Global Meta) mengungkapkan konten yang digunakan Meta untuk melatih AInya termasuk postingan berbasis teks dan foto.

Namun, Meta menegaskan bahwa konten yang digunakan adalah konten publik dan bukan konten pribadi yang hanya dibagikan dengan teman atau keluarga pengguna.

"Kami tidak akan menggunakan chat pribadi melatih Meta AI," katanya.

Meta pun mengambil beberapa langkah untuk membedakan konten publik dari konten pribadi.

Clegg memberi contoh bahwa Meta AI tidak menggunakan konten dari LinkedIn karena di situs tersebut terdapat lebih banyak data pribadi pengguna.

Konten publik dari Instagram dan Facebook digunakan oleh Meta untuk melatih Emu, model bahasa besar yang mampu menghasilkan gambar berdasarkan perintah berbasis teks. Sementara fungsi Meta AI yang berfokus pada obrolan didasarkan pada model bahasa besar yang dikenal sebagai Llama 2.

Meskipun Meta dengan jujur mengakui penggunaan konten ini, Clegg menyadari bahwa beberapa orang mungkin keberatan, terutama terkait dengan konten publik yang dilindungi hak cipta.

Meta sedang mempertimbangkan cara untuk menangani konten tersebut, terutama ketika direproduksi oleh Meta AI.

Meta AI sendiri merupakan asisten virtual berbasis AI generatif yang beroperasi seperti chatbot ChatGPT dan telah diintegrasikan ke dalam aplikasi WhatsApp, Messenger, dan Instagram.

Cara ini akan memudahkan akses pengguna tanpa perlu mengunduh aplikasi terpisah seperti ChatGPT.

Meta mengumumkan peluncuran layanan Meta AI dalam konferensi tahunan perusahaan, Connect 2023.