Find Us On Social Media :

Hands-on Samsung Galaxy A05s: Entry Level Dengan Desain Premium

By Dayu Akbar, Jumat, 13 Oktober 2023 | 13:45 WIB

Awal Oktober ini Samsung Indonesia kembali menghadirkan smartphone kelas entry level melalui Galaxy A05 series untuk pasar Indonesia. Ada dua seri yang meluncur, Galaxy A05s dan Galaxy A05. Berdasarkan spesifikasinya, Galaxy A05s lebih tinggi dan lebih mahal. Untuk mengetahui lebih jauh apa saja yang ditawarkan smartphone terjangkau ini, berikut ulasan singkatnya.Unboxing

Paket penjualan Galaxy A05s masih sama dengan seri A lainnya. Selain unit Galaxy A05s, tidak terdapat adaptor dan aksesori tambahan lain kecuali hanya ada kabel USB type-C to type-C, SIM ejector, stiker IMEI, dan kartu manual.Desain

Meski bidik segmen entry level, Samsung masih menggunakan desain mirip dengan flagship Galaxy S23. Tampilan belakangnya terlihat sederhana dan polos dengan desain flat, hanya terdapat tiga lensa kamera belakang yang memiliki bentuk menonjol. Dan sebagai smartphone terjangkau, bodi belakangnya ini menggunakan bahan polikarbonat plastik dengan lapisan doff yang tidak mudah kotor seperti lapisan glossy. Galaxy A05s tersedia dalam tiga pilihan warna di bagian belakang, Black, Silver, dan Light Green.

Dimensinya memiliki panjang 168 mm, lebar 77,8 mm, dan ketebalan 8,8 mm. Sementara bobotnya 194 gram yang lebih ringan 1 gram saja dengan Galaxy A05. Penempatan tombol fisik Power dan Volume cukup standar yang saling bersebelahan di sisi kanan. Tombol Power juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sementara sisi kiri terdapat slot kartu yang memungkinkan Anda memasang hingga dua kartu SIM dan kartu microSD. Untuk sisi bawah terdapat port USB type-C serta speaker yang masih mono.

Layar

Ukuran layar Galaxy A05s sama persis dengan Galaxy A05 yaitu 6,7 inci. Begitu pula dengan panel yang digunakan yaitu PLS LCD. Namun karena Galaxy A05s lebih mahal, tentu saja ada pembeda yaitu resolusi dan refresh rate-nya. Galaxy A50s memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels dan refresh rate 90 Hz dengan rasio layar 20:9 serta desain Infinity-U Display.Kamera

Samsung Galaxy A05s memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi 50 MP kamera utama dengan bukaan f/1.8. Kamera utama ini juga mendukung digital zoom hingga 10x serta fitur Autofocus. Sedangkan dua kamera tambahan lainnya berupa 2 MP kamera depth dan 2 MP kamera makro. Di bagian depan, Samsung menyematkan kamera depan dengan desain punch hole yang memiliki resolusi 13 MP. Untuk merekam video, kamera utamanya bisa hingga resolusi full HD@60 fps dan tidak kalah menarik adalah kemampuan merekam kamera depannya juga sama. Mode slow motion juga memberikan pilihan menarik dengan dukungan frame rate 120 fps pada resolusi HD.

Spesifikasi

Untuk performa, Galaxy A05s dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm. SoC ini terdiri dari 4 core Cortex A73 dan 4 core Cryo 260 dengan kecepatan clock 2,4 GHz. Dan untuk GPU-nya menggunakan Adreno 610.

Sedangkan kapasitas RAM-nya sebesar GB serta storage 128 GB yang bisa diperluas hingga 1 TB dengan tambahan kartu microSD. Dengan spesifikasi tersebut, Galaxy A05s sudah mumpuni di kelasnya dimana memberikan kenyamanan untuk menikmati konten favorit atau melakukan multitasking untuk pekerjaan di mana saja.

Guna membuat performa tetap stabil saat multitasking, hadir fitur RAM plus yang akan menambah RAM secara virtual hingga 6 GB. jadi jika ditotal seakan-akan memiliki performa seperti RAM 12 GB.