Find Us On Social Media :

Mau Kalahkan Chip Apple Seri M, Snapdragon X Harus Punya Fitur AI Ini

By Adam Rizal, Senin, 16 Oktober 2023 | 09:30 WIB

Qualcomm Technologies Inc. meluncurkan Snapdragon X35 5G Modem-RF System

Qualcomm akan meluncurkan platform PC ARM generasi terbaru yaitu Snapdragon X. Snapdragon X menggunakan teknologi CPU Oryon yang diakuisisi dari Nuvia, sebuah perusahaan yang didirikan oleh mantan insinyur Apple yang sebelumnya bekerja untuk chip Apple seri A, pada 2021.

Nantinya, Snapdragon X akan langsung menjadi pesaing chipset Apple seri M yang sukses memulai debutnya pada MacBook Air tahun 2020.

Jika Snapdragron X sukses menawarkan performa tinggi dan daya tahan baterai lebih hemat mirip dengan chipset Apple seri M, maka fenomena itu akan menandakan perubahan besar bagi pengguna Windows khususnya di dunia laptop ringan.

Tantangan terbesar pabrikan chipset adalah bagaimana membuat chipset dengan performa tinggi dan hemat daya baterai.

Para peneliti membutuhkan keseimbangan yang rumit untuk laptop PC tipis dan ringan sehingga harus mengorbankan aspek lain dalam perangkat seperti dikutip The Verge.

Jika Qualcomm serius ingin menantang Apple dengan Snapdragon X, maka Qualcomm harus menciptakan fitur utama chipset Apple seri M yaitu neural processing unit (NPU).

Apple menyebut versinya sendiri sebagai Neural Engine, yang dirancang untuk pemrosesan AI on-device dalam perangkat dengan form faktor yang kecil.

Wakil Presiden Senior Don McGuire menyebutnya sebagai “lompatan kuantum ke depan dalam kinerja dan efisiensi daya” yang akan memungkinkan pengalaman pada perangkat “untuk era baru AI generatif.”

Platform Snapdragon 8cx sebelumnya, platform baru ini akan terus menghadirkan konektivitas 5G — sesuatu yang belum berhasil dilakukan Apple untuk chipset seri M apa pun di luar iPad yang menggunakan chip kelas laptop dan desktop.

Bicara soal modem 5G, laporan terpisah dari Wall Street Journal mengatakan Apple memperpanjang kesepakatannya dengan modem Qualcomm.

Upaya Apple dalam mengembangkan modem 5G internalnya terhambat oleh masalah yang diakibatkan oleh pembuat iPhone yang meremehkan kompleksitas dan tantangan teknis dari tugas tersebut.

Dikalahkan MediaTek