Find Us On Social Media :

Tips Menjaga Keamanan Anak-anak Saat Bermain Chatbot AI ChatGPT

By Adam Rizal, Senin, 16 Oktober 2023 | 15:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Saat ini, tidak dapat disangkal bahwa Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia, baik disadari atau tidak. Baik itu telepon yang kita pegang, sistem transportasi, atau bahkan pendidikan; ia perlahan-lahan menggantikan banyak alat yang dulunya dianggap inovatif.

Hal paling penting, ChatGPT menunjukkan kepada masyarakat sehari-hari secara nyata, apa yang dapat dilakukan oleh AI berbasis bahasa alami. Orang-orang di seluruh dunia bergegas mencobanya dan antusias menyambut berbagai kemungkinannya; namun ada satu bagian penting yang tidak dipertimbangkan dalam euphoria teknologi tersebut, yaitu, anak-anak.

Anak-anak dari segala usia di seluruh dunia mendapatkan akses untuk menggunakan alat-alat AI dan banyak di antaranya hanya memerlukan sedikit atau tanpa persetujuan sama sekali, dan meskipun terdapat banyak manfaat besar dari beragam alat yang tersedia, apabila risiko chatbot AI terhadap anak-anak terlewati; kita mungkin menghadapi risiko besar yang melibatkan hilangnya privasi data, ancaman dunia maya, dan konten yang tidak pantas.

Kini, belajar melalui bantuan alat AI menjadi lebih efisien dari sebelumnya.

Anda dapat menemukan informasi bermanfaat tentang topik apa pun di dunia hanya dengan satu kalimat di chatbot AI.

Chatbot AI memudahkan orang menavigasi informasi tanpa membuka puluhan tab dan membaca banyak artikel. Jika menyangkut anak-anak, hal ini sangat penting untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka, dan sekaligus dapat membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik.

Selain itu, chatbot AI juga bisa menyediakan platform yang dapat diakses dan memungkinkan anak-anak untuk melatih keterampilan bahasa mereka serta berdiskusi secara bebas tanpa batas waktu, namun hal ini tidak lepas dari risiko yang mengikuti di belakangnya.

Dalam eksplorasi singkat tentang chatbot AI online; beberapa di antaranya ada yang paling menonjol. Chatbot AI paling populer, ChatGPT, yang mencetak rekor basis pengguna dengan pertumbuhan tercepat, tidak memiliki verifikasi usia yang tepat sehingga memiliki risiko terhadap privasi data anak-anak.

Selain itu, ChatGPT dapat menyediakan konten yang sering kali tidak akurat dan keliru dengan cara yang meyakinkan. Beberapa siswa mulai menggunakan ChatGPT sebagai alat plagiarisme dan menemukan berbagai referensi palsu untuk artikel yang tidak ada.

Dalam kasus lebih berbahaya, pada awal kehebohan ChatGPT, gadis-gadis remaja bertanya kepada AI tentang rencana diet dan informasi medis yang langsung dijawab oleh chatbot dengan rencana dan saran tanpa mengacu pada data medis aktual, melainkan kumpulan informasi acak dari seluruh penjuru internet.

Selain itu, chatbot “MyAI” Snapchat juga merupakan salah satu chatbot terkenal yang digunakan, dan karena Snapchat mengizinkan pengguna berusia 13 tahun tanpa memerlukan izin orang tua, hal ini menimbulkan pertanyaan tentang privasi anak-anak dan penyimpanan data mereka oleh aplikasi.

Risiko dari “teman” AI ini adalah anak-anak sering kali benar-benar percaya bahwa mereka adalah teman nyata, dan bertindak berdasarkan saran mereka, yang menurut Snapchat sendiri “mungkin berisi konten yang bias, tidak benar, berbahaya, atau menyesatkan”.