Find Us On Social Media :

Tantang GPT-4, Baidu Luncurkan Model AI Ernie 4.0 dengan Memori Kuat

By Adam Rizal, Jumat, 20 Oktober 2023 | 11:30 WIB

Baidu Ernie 4.0

Baidu baru saja meluncurkan model artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif terbarunya Ernie 4.0 yang kemampuannya sebanding dengan model GPT-4 dari OpenAI.

"Ernie 4.0 memiliki kemampuan utama pada memorinya. Ernie 4.0 sangat bagus menulis novel berlatar belakang seni bela diri," kata CEO Baidu Robin Li.

Ernie 4.0 juga menunjukkan kemampuannya dalam membuat poster dan video untuk keperluan iklan. Namun, beberapa analis tidak sepenuhnya terkesan dengan kemampuan Ernie 4.0.

Lu Yanxia (Seorang Analis IDC) mengungkapkan Ernie 4.0 tidak menghadirkan banyak fitur baru yang cukup signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

"Kita seharusnya melihat peningkatan yang signifikan setelah Ernie 4.0 diperkenalkan, namun pembaruan yang konkret tidak terlihat," ujarnya seperti dikutip Reuters.

Dampaknya, saham Baidu di Hong Kong mengalami penurunan sebesar 1,32%, yang lebih rendah dibandingkan dengan kenaikan Indeks Hang Seng sebesar 0,7%. Lu menyatakan,

Dalam acara peluncuran Ernie 4.0, Baidu mengumumkan integrasi AI generatif ke dalam berbagai produknya, seperti Baidu Drive dan Baidu Map.

Sebagai contoh, pengguna Baidu Map kini dapat mengakses fungsinya dengan menggunakan bahasa alami, bukan hanya melalui pencarian konvensional seperti sebelumnya.

Sebagai informasi tambahan, Baidu merupakan pembuat mesin pencari terbesar di China dan saat ini menjadi pemimpin pasar dalam pengembangan model kecerdasan buatan di China. Hal ini terjadi setelah kesuksesan peluncuran ChatGPT pada tahun sebelumnya.

Ernie, sebagai chatbot, pertama kali dipamerkan pada Maret dengan nama ErnieBot, meskipun peluncurannya dinilai mengecewakan karena demonstrasinya dilakukan melalui rekaman video daripada secara langsung.

Pada Agustus, Baidu juga menjadi salah satu perusahaan yang mendapatkan izin dari pemerintah untuk merilis produk kecerdasan buatan ke publik, dan Ernie langsung mendapatkan banyak pengguna, mencapai 45 juta orang menurut klaim CTO Baidu, Wang Haifeng.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem AI, Xiaomi Kenalkan Antarmuka HyperOS Gantikan MIUI

Baca Juga: Takut Militer China Kuat, AS Hentikan Pasokan GPU AI Nvidia