Find Us On Social Media :

Tips Kaspersky, Lakukan Langkah ini Jika Ada Seseorang Meretas Anda

By Adam Rizal, Jumat, 20 Oktober 2023 | 13:30 WIB

Hacker

 

Kaspersky sering menulis tentang cara mencegah bahaya keamanan siber dan telah memberikan rekomendasi lebih dari satu kali tentang apa yang harus dilakukan jika akun atau ponsel Anda diretas ataupun dicuri.

Hari ini, mari kita atasi situasi yang lebih kompleks: seseorang mencoba meretas atau melakukan penipuan, namun Anda tidak yakin sejauh mana bahaya yang dapat muncul. Misalnya:

• Anda mengeklik tautan situs web di email atau iklan, namun kemudian berubah pikiran dan justru mencurigai tautan tersebut.

• Seseorang yang mengaku dari Microsoft menelepon untuk menghapus virus dari komputer Anda.

• Anda menerima tagihan yang salah, menelepon dukungan pelanggan, dan mereka mengirimi Anda tautan yang berguna untuk menyelesaikan masalah dan menghindari kelebihan pembayaran.

Apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah peretasan?

Jangan berikan informasi lebih jauh

Ini adalah aturan pertama dan paling mendasar yang bisa Anda terapkan tanpa ragu. Jika Anda mendapat kesan buruk dari situs web yang menanyakan nama, email, telepo, atau informasi kartu bank— segera tutup.

Jika Anda sedang berbicara dengan seseorang melalui telepon — meskipun mereka mengaku berasal dari bank atau dukungan teknis — dan percakapan tersebut tampak sedikit aneh, segera tutup telepon dan jangan jawab jika mereka menelepon kembali.

Penipu sering kali menggunakan skema yang rumit; mereka mungkin menelepon dari nomor lain atau menghubungi Anda melalui pesan instan — mungkin berpura-pura menjadi orang lain atau dari organisasi lain. Abaikan mereka.

Jika Anda berkomunikasi melalui alat konferensi video seperti Zoom, akhiri diskusi dan tutup aplikasi.

Putuskan sambungan perangkat dari internet