Find Us On Social Media :

YouTube Bakal Luncurkan Alat Pencipta Cover Lagu Berbasis AI

By Adam Rizal, Minggu, 22 Oktober 2023 | 11:00 WIB

Ilustrasi YouTube

YouTube mengembangkan alat berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang memungkinkan penciptaan cover lagu dengan suara artis. Alat teknologi AI Google itu mampu meniru suara artis dalam menyanyi.

Sayangnya, Google harus menyelesaikan perizinan terlebih dahulu karena alat AI itu mampu meniru suara artis. Karena itu, YouTube akan merancang alat berbasis AI yang dapat menghasilkan vokal dari artis musik secara sah.

Nantinya, alat AI itu memungkinkan pengguna YouTube dapat menggunakan suara artis favorit mereka untuk membuat ulang lagu dari musisi lain, yang biasa disebut sebagai "cover lagu."

Saat ini alat YouTube ini belum memiliki nama resmi tetapi YouTube berencana untuk melatih alat tersebut dengan lagu-lagu yang diperoleh secara sah dari label rekaman artis-artis tersebut seperti dilansir Gizmochina.

Beberapa label rekaman dilaporkan belum memberikan izin untuk penggunaan suara artis mereka dalam alat tersebut.

Jika ada kendala dari pihak label, peluncuran alat yang sedang dirancang oleh YouTube bisa tertunda.

Hingga saat ini, label-label yang terlibat dalam pengembangan alat berbasis AI ini adalah Sony Music Entertainment, Universal Music Group, dan Warner Music Group.

Alat yang akan dikembangkan oleh YouTube ini berpotensi memberikan manfaat bagi penggemar dan artis.

Penggemar tidak perlu lagi mencari atau membeli lagu yang dihasilkan dengan AI hanya untuk mendengar suara artis kesayangan mereka.

Namun, saat ini, pembelian konten lagu berbasis AI masih dianggap ilegal dan merugikan para artis.

Karena itu, diharapkan alat yang sedang dikembangkan oleh YouTube akan memberikan manfaat kepada para artis, terlepas dari penggunaan suara mereka yang bebas.

Bocoran Fitur AI