Find Us On Social Media :

Google Tolak Gugatan Telah Gunakan Data Pengguna Latih Kemampuan AI

By Adam Rizal, Minggu, 22 Oktober 2023 | 12:00 WIB

Ilustrasi Google Bard.

Google menolak gugatan class action yang menyatakan bahwa Google tersebut telah melanggar privasi dan hak milik jutaan pengguna internet dalam penggunaan data untuk melatih model artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI).

Google mengajukan permohonan itu di Pengadilan Distrik California bahwa penggunaan data publik yang tersedia secara bebas untuk melatih AI seperti Bard tidak dapat dianggap sebagai tindakan "pencurian" atau pelanggaran privasi.

"Gugatan ini berdasarkan asumsi yang salah bahwa Google telah "mencuri" informasi yang sudah dipublikasikan di internet," tulis Google dalam pernyataannya seperti dilansir Reuters.

Google mengatakan informasi yang tersedia untuk umum untuk keperluan pembelajaran bukan merupakan pelanggaran privasi, pelanggaran hak cipta, atau tindakan yang merugikan, dan bahwa gugatan semacam itu dapat merusak gagasan dasar tentang pengembangan AI generatif.

Gugatan class action ini awalnya diajukan terhadap Google pada bulan Juli oleh delapan individu yang mengklaim mewakili "jutaan anggota kelas" seperti pengguna internet dan pemegang hak cipta.

Mereka menyatakan bahwa perubahan kebijakan privasi Google, yang memungkinkan pengambilan data untuk tujuan pelatihan AI, telah melanggar privasi dan hak milik mereka.

Google berpendapat bahwa gugatan tersebut lebih berkaitan dengan "tindakan yang tidak relevan oleh pihak ketiga dan prediksi yang tidak akurat tentang AI."

Mereka menyatakan bahwa gugatan tersebut tidak secara memadai mengatasi isu inti, terutama terkait dengan bagaimana para penggugat telah dirugikan oleh penggunaan informasi mereka.

Kasus ini merupakan salah satu dari sejumlah kasus hukum yang diajukan terhadap perusahaan teknologi raksasa yang mengembangkan dan melatih sistem AI mereka.

Sebelumnya, pada tanggal 20 September, Meta juga menolak klaim pelanggaran hak cipta terkait dengan pelatihan AI mereka.

Berikan Bantuan Hukum

Ilustrasi Google AI