Find Us On Social Media :

Apple Bakal Hadirkan Chatbot AI Mirip ChatGPT ke Update iOS 18

By Adam Rizal, Senin, 23 Oktober 2023 | 09:30 WIB

Apple bakal meluncurkan iOS 18

Saat ini Apple sedang merancang chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatannya mandiri untuk menantang chatbot AI ChatGPT milik OpenAI.

Rencananya, Chatbot AI Apple itu akan menjadi bagian dari iOS 18 dan akan menjadi pendamping bagi iPhone 16 series.

Jeff Pu (Seorang Analis Industri) mengungkapkan Apple memang sedang mengembangkan ChatGPT yang bakal meluncur tahun depan walaupun jadwalnya masih belum pasti.

"Apple memiliki banyak tantangan dan tugas yang rumit dalam pengembangan AI," katanya.

Pu juga mengungkapkan Apple akan membangun ratusan server AI dalam tahun ini, dan jumlah server ini akan bertambah di tahun depan.

"Server-server ini akan diintegrasikan dengan cloud AI untuk melindungi privasi pengguna," ujarnya.

CEO Apple Tim Cook mengatakan Apple bekerja keras mengembangkan teknologi AI generatif selama beberapa tahun. Apple melihat pentingnya menghadirkan teknologi AI generatif yang serupa dengan ChatGPT.

"Kami berada di garis terdepan dalam teknologi AI. Namun, pengembangan teknologi AI generatif memerlukan pertimbangan atas sumber data, akurasi, dan keamanan data guna meminimalkan risiko," pungkasnya seperti dikutip Tech Radar.

Tak hanya itu, Apple juga mempekerjakan lebih banyak staf AI di negara tersebut.

“Ya, kami sedang merekrut karyawan di bidang itu, jadi saya berharap perekrutan akan meningkat. Nantinya AI akan ada di seluruh produk Apple saat ini,” tambahnya dalam laporan yang sama.

Cook mengharapkan pengembangan AI ini memberikan banyak keuntungan bagi manusia dan mempekerjakan lebih banyak orang di negara tersebut. Teknologi AI sudah ada di dalam berbagai produk Apple saat ini, seperti dalam fitur Deteksi Jatuh di Apple Watch, Deteksi Kecelakaan, Deteksi Afib (fibrilasi atrium), dan EKG.

"Apple sedang melakukan penelitian dan pengembangan teknologi AI generatif miripChatGPT," ujarnya.