Find Us On Social Media :

Ini Tantangan Huawei Kembangkan Chip AI Secanggih Punya Nvidia

By Adam Rizal, Selasa, 24 Oktober 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi Chip AI (Artificial Intelligence)

Huawei Technologies akan mengembangkan chipset dan GPU artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan secara mandiri, menyusul keputusan Amerika Serikat (AS) membatasi ekspor chip AI ke China.

Padahal, nilai ekspor chip AI asal China sungguh menggiurkan senilai 7 miliar dolar AS atau sekitar Rp111,1 triliun.

Dampaknya, Nvidia terpaksa mengurangi aktivitas bisnisnya di China. Padahal, Nvidia adalah penyedia utama chip AI di China dengan pangsa pasar lebih dari 90 persen.

Huawei sendiri telah mengembangkan chip AI Ascend yang selevel dengan chip Nvidia A100 dan H100 tetapi kemampuan kinerjanya masih kalah jauh dengan chip AI Nvidia. Saat ini Nvidia mendominasi pasar chip AI global dengan A100 dan H100.

Seorang Analis Pasar Utama Guotai Junan Jiang Yifan mengatakan ketergantungan perusahaan China pada chip dan ekosistem perangkat lunak Nvidia adalah masalah besar, mengingat perusahaan China membutuhkan chip AI Nvidia dalam jumlah besar tetapi pemerintah AS mempersulitnya.

"Pembatasan ekspor AS ini mendorong Nvidia keluar dari pasar China. Ini akan menjadi kesempatan chip Huawei Ascend untuk unjuk gigi," ujarnya.

Meskipun demikian, perpindahan ke chip Huawei akan menimbulkan tantangan, terutama terkait ekosistem. Banyak proyek AI canggih saat ini dibangun dengan menggunakan arsitektur pemrograman CUDA yang populer yang dikembangkan oleh Nvidia.

Hal ini menciptakan ekosistem global yang besar untuk melatih model AI tingkat tinggi. Versi Huawei, yang disebut CANN, memiliki keterbatasan dalam hal model AI yang dapat dilatih, sehingga masih memiliki jarak yang cukup jauh untuk menandingi Nvidia.

Untuk berhasil merebut pangsa pasar Nvidia, Huawei harus menciptakan ekosistem yang setara dengan yang telah dibangun oleh Nvidia.

Hal ini melibatkan dukungan untuk klien agar mereka dapat memindahkan data dan model mereka ke platform Huawei sendiri.

Selain itu, isu hak kekayaan intelektual juga menjadi kendala, karena banyak paten GPU penting dipegang oleh perusahaan AS. Menciptakan solusi yang setara diperkirakan akan memakan waktu bertahun-tahun.

Kemenangan di pasar chip AI akan menjadi pencapaian besar bagi Huawei, terutama mengingat tekanan ekspor AS yang telah mereka hadapi sejak 2019.