Find Us On Social Media :

Multipolar Technology Tawarkan 2 Solusi Personalisasi Pengalaman Nasabah Berbasis AI

By Liana Threestayanti, Selasa, 24 Oktober 2023 | 11:02 WIB

Ilustrasi perbankan

Menjawab tantangan disrupsi teknologi, khususnya di sektor keuangan dan perbankan, PT Multipolar Technology Tbk. menyediakan dua solusi teknologi untuk personalisasi pengalaman nasabah secara cerdas dan otomatis. 

Mengidentifikasi perilaku demi meningkatkan pengalaman nasabah menjadi hal yang penting dilakukan perusahaan perbankan dan keuangan di tengah dinamika bisnis akibat disrupsi teknologi. Caranya adalah memanfaatkan teknologi terkini, seperti big data analytics dan artificial intelligence (AI). 

Jip Ivan Sutanto, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk, menyampaikan bahwa  teknologi big data analytics dan AI menjadi inti baru bagi bisnis perbankan dan keuangan saat ini.

Dengan menganalisis dan memanfaatkan big data yang ada, perusahaan perbankan dan keuangan dapat secara mudah memetakan peluang baru, segmen baru, hingga pola perilaku baru nasabah. Walhasil, pengembangan produk baru, strategi baru, dan proses bisnis baru bisa lebih dipersonalisasi sehingga lebih efektif, lebih efisien, dan tentu saja menjadi lebih menguntungkan.

Menurut Jip Ivan, setidaknya ada dua solusi teknologi yang dapat membantu mempersonalisasi pengalaman nasabah perbankan dan keuangan secara cerdas dan otomatis, yaitu IBM Security Verify Access dan IBM Planning Analytics with Watson.

“IBM Security Verify Access merupakan solusi yang membantu perusahaan perbankan dan keuangan melindungi data dan aplikasi dari akses yang tidak sah,” katanya dalam seminar “Business Analytics and Artificial Intelligence Driving Change in Business Banking and Finance” yang dihelat oleh Multipolar Technology di Fairmont Jakarta, Rabu (18/10).

IBM Security Verify Access bekerja berdasarkan kebijakan autentikasi dan otorisasi pengguna dengan menyediakan autentifikasi multifaktor dan fitur single sign-on (SSO). Solusi itu mendukung implementasi solusi Customer Information and Access Management (CIAM) karena mampu mempersonalisasi pengalaman dan repeatable experiences tanpa mengabaikan perlindungan data dan privasi nasabah.

Penggunaan IBM Security Verify Access sebagai solusi CIAM memungkinkan perusahaan perbankan dan keuangan mengelola kebijakan akses pada seluruh aplikasi web dan mobile yang berjalan di infrastruktur cloud. 

“Solusi CIAM mendukung pengaturan akses nasabah ke aplikasi atau layanan digital sehingga mampu menciptakan personalisasi pengalaman nasabah sekaligus melindungi keamanan siber,” lanjut Jip Ivan.

Sementara IBM Planning Analytics with Watson, seperti dijelaskan Elen, Department Head of Middleware Cloud Platform Multipolar Technology, merupakan solusi perencanaan bisnis terintegrasi yang menggabungkan fleksibilitas spreadsheet dengan kemampuan dan kontrol basis data multidimensi. 

Elen menjelaskan bahwa solusi berbasis AI tersebut memudahkan penyusunan perencanaan yang efisien dan analisis skenario yang mendalam.

“Solusi ini membantu mengotomatiskan proses bisnis manual, menyesuaikan rencana secara real-time, dan dapat menyesuaikan kebutuhan pasar yang terus berubah,” katanya.