Find Us On Social Media :

Bocoran Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 3, Mampu Jalankan Tugas AI

By Adam Rizal, Selasa, 24 Oktober 2023 | 13:30 WIB

Snapdragon 8 Gen 3

Qualcomm akan meluncurkan chipset flagship terbarunya Snapdragon 8 Gen 3 dalam acara tahunan Snapdragon Summit. Jelang peluncuran, spesifikasi Snapdragon 8 Gen 3 mulai bocor di dunia maya.

Qualcomm memastikan Snapdragon 8 Gen 3 menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibanding Snapdragon 8 Gen 2.

Tak ketinggalan, Qualcomm juga menghadirkan berbagai inovasi fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI) terbaru di dalamnya.

Snapdragon 8 Gen 3 akan mengadopsi konfigurasi core 1+5+2, yang terdiri dari satu core utama, lima core kinerja, dan dua core efisiensi.

Core utama akan memiliki clock hingga 3,3 GHz, sementara core kinerja dan core efisiensi akan masing-masing memiliki clock hingga 3,2 GHz dan 2,3 GHz.

Semua ini akan dipadukan dengan GPU Adreno 750 yang baru, yang menawarkan peningkatan daya sebesar 50 persen dibandingkan dengan Adreno 740 saat ini.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 3 akan memiliki neural processor Hexagon (NPU) terbaru yang kemampuannya 98 persen lebih cepat dan 40 persen lebih efisien. Kemampuan NPU yang ditingkatkan itu memungkinkan fitur AI bekerja di dalam Snapdragon 8 Gen 3.

Kehadiran teknologi AI memungkin Snapdragon 8 Gen 3 melakukan perluasan foto, penghilangan objek dari video, dan pembuatan latar belakang menggunakan AI.

Uniknya, bocoran informasi juga mengungkap bahwa chip ini akan mampu menjalankan model AI seperti Stable Diffusion dan Meta Llama 2.

Snapdragon 8 Gen 3 juga akan menampilkan beberapa fitur canggih terkait game, termasuk sistem Light Reflection generasi berikutnya yang mendukung global illumination dengan ray tracing.

Selain itu, prosesor ini akan mampu menghadapi game dengan kecepatan hingga 240 fps dan grafis kelas atas hingga resolusi 8K.

Xiaomi telah mengonfirmasi rencananya untuk meluncurkan seri Xiaomi 14 pada tanggal 26 Oktober, sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat Snapdragon 8 Gen 3 dalam aksi pada ponsel konsumen.