Find Us On Social Media :

BitHealth dan Intersystems Bantu RS Integrasikan Data dan Informasi

By Indah PM, Selasa, 24 Oktober 2023 | 18:45 WIB

MoU BitHealth dan Intersystems.

BitHealth, penyedia solusi digital layanan kesehatan bekerjasama dengan Intersystems melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), pada Rabu (18/10/2023) di Jakarta.

Saat ini layanan kesehatan terutama mayoritas rumah sakit di Indonesia masih mengalami kendala integrasi data dan informasi yang dilakukan secara manual, sehingga kemungkinan besar bisa mengalami human error.

Beberapa rumah sakit bahkan terpaksa menggunakan berbagai sistem aplikasi sekaligus untuk menjalankan berbagai sisi operasi bisnis rumah sakit. Namun, cara ini dinilai kurang maksimal.

Selain standar bahasa dan data yang berbeda, juga berdampak pada tersebarnya data tersebar di mana-mana walau masih dalam satu lingkungan rumah sakit.

Walhasil, laporan dan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen eksekutif rumah sakit atau dokter akan memakan waktu yang lama.

Ini berarti, tanpa data yang tepat, benar dan standar, akan sulit untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, efektif dan efisien.

Latar belakang inilah yang kemudian mendorong kerjasama BitHealth dan Intersystems untuk meningkatkan kualitas perawatan pasien, menyederhanakan operasional rumah sakit melalui digitalisasi, integrasi dan interoperability data, dan meningkatkan keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan.

Dalam perjanjian kemitraan ini, InterSystems menonjolkan platform data InterSystems IRIS for Health - Edisi Indonesia.

"InterSystems sangat antusias bermitra dengan BitHealth di Indonesia yang telah membuktikan pemahaman mendalam tentang pasar sistem kesehatan. Kemitraan strategis ini memungkinkan InterSystems untuk lebih cepat memperluas pasar InterSystems IRIS for Health dan mendukung percepatan transformasi digital industri kesehatan di Indonesia. Dengan kolaborasi InterSystems dan BitHealth akan mengoptitmalkan pemanfaatan kekuatan, sumber daya, dan jaringan masing-masing agar dapat melayani lebih banyak penyedia layanan kesehatan," ujar Luciano Brustia selaku Regional Managing Director APAC InterSystemss.

Peter James Rampengan selaku Chief Sales and Marketing BitHealth, menuturkan bahwa sejak awal BitHealth hadir sebagai penyedia solusi layanan kesehatan digital di Indonesia.

Sejak berdirinya tahun 2019, BitHealth memiliki misi memberdayakan perusahaan layanan kesehatan untuk mengoptimalkan bisnis dan operasi dengan memasukkan solusi teknologi ke dalam layanan.

Saat ini BitHealth menawarkan berbagai solusi digital bagi rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, yang dapat dikembangkan dalam fitur fitur sesuai dengan kebutuhan klien.

Beberapa fitur yang menghadirkan digital experience seperti EMR Implementation, Human Capital Management System, AI Powered Document Management System, AI Powered Claim Management Systems, Mobile Apps for Patient Experience, dan Mobile Apps for Doctor & Nurse Management).