Find Us On Social Media :

Nih! Alasan Dunia Bisnis Harus Memanfaatkan Teknologi AI Generatif

By Adam Rizal, Sabtu, 28 Oktober 2023 | 09:00 WIB

Artificial Intelligence (AI)

Perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan semakin maju dan mampu menghasilkan ide-ide baru serta memberikan kontribusi signifikan ke dunia bisnis.

Teknologi AI generatif atau Gen AI adalah bentuk AI yang mampu menghasilkan teks, gambar, dan video dari data yang diberikan.

Saat ini teknologi AI generatif mulai menarik perhatian dunia bisnis sebagai alat untuk mengolah berbagai jenis data, seperti laporan keuangan, guna meningkatkan kinerja operasional.

Steve Nouri (Pendiri AI4Diversity) sebuah inisiatif nirlaba yang berfokus pada pemanfaatan AI mengatakan salah satu sifat terbuka teknologi AI generatif memungkinkannya diakses oleh berbagai kalangan, termasuk pelaku bisnis.

"Gen AI terbuka untuk siapa saja, yang membedakannya dari AI sebelumnya. Karena sifat terbuka ini, AI yang dulu hanya menjadi fitur tambahan dalam produk lain, kini dapat beroperasi secara mandiri dan memberikan nilai tambah bagi penggunanya," kata Steve dalam Mekari Conference 2023.

Steve dan para ahli teknologi dan bisnis lainnya menjelaskan bagaimana teknologi generatif AI dapat membantu perusahaan memperkuat bisnis mereka di masa depan:

Menghemat Waktu

Teknologi generatif AI memiliki kemampuan untuk memproses data dan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien. Contohnya, Gen AI dapat menganalisis data konsumen dengan cepat dan akurat.

Kemampuan teknologi generatif AI ini membantu menghemat waktu dan berdampak positif pada kinerja bisnis.

Meningkatkan Produktivitas

Banyak perusahaan menghadapi kendala dalam hal sumber daya, termasuk sumber daya manusia.

Teknologi AI generatif terbukti membuat pekerjaan lebih efisien dan memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk fokus mengerjakan tugas yang lebih strategis.