Find Us On Social Media :

Google Kucurkan Dana Rp31 Triliun ke Perusahaan AI Anthropic

By Adam Rizal, Minggu, 29 Oktober 2023 | 11:00 WIB

Google fokus kembangkan teknologi artificial intelligence (AI)

Google Alphabet akan menginvestasikan 2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp31,8 triliun ke perusahaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Anthropic.

Sebelumnya, Google telah menyuntikkan 500 juta dolar AS atau sekitar Rp7,9 triliun ke dalam saingan OpenAI dan Google akan menambahkan dana sebesar 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp23,8 triliun seiring berjalannya waktu.

Google sudah menjadi salah satu investor di Anthropic dan langkah investasi baru ini menunjukkan niatnya untuk meningkatkan persaingan dengan Microsoft, yang merupakan pendukung utama dari pencipta ChatGPT OpenAI, dalam perlombaan perusahaan teknologi besar dalam mengintegrasikan AI ke dalam aplikasi mereka.

Amazon.com juga akan menginvestasikan hingga 4 miliar dolar AS atau sekitar Rp63,6 triliun ke Anthropic untuk bersaing dengan pesaing mereka dalam sektor komputasi awan yang semakin berkembang dalam bidang AI.

Saat ini, Google menolak memberikan komentar, sementara Amazon belum merespon permintaan komentar dari Reuters.

Sebelumnya, The Wall Street Journal juga melaporkan mengenai kesepakatan terbaru antara Google dan Anthropic.

Peningkatan jumlah investasi ini menunjukkan upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh perusahaan cloud dalam membangun hubungan dengan perusahaan-perusahaan rintisan AI yang sedang mengubah wajah industri mereka.

Anthropic, yang didirikan oleh mantan eksekutif OpenAI, yaitu saudara Dario dan Daniela Amodei, telah menunjukkan tekadnya dalam memperoleh sumber daya dan dukungan finansial yang diperlukan untuk bersaing dengan OpenAI dan menjadi pemimpin dalam industri teknologi ini.

Dikalahkan Microsoft

Microsoft Azure vs Google Cloud

Nilai saham Alphabet, perusahaan induk Google anjlok sebesar 9,5 persen pada kuartal ketiga.

Hal itu disebabkan oleh kekecewaan pasar atas pendapatan bisnis cloud Alphabet yang tidak mencapai target yang telah ditetapkan.