Find Us On Social Media :

Dorong Bisnis Pelaku UMKM, Lazada Gelar Seller Conference 2023

By Rafki Fachrizal, Senin, 30 Oktober 2023 | 10:15 WIB

Ilustrasi “Lazada Seller Conference: Level Up 2023”.

Melejetinya ekonomi digital Indonesia dengan adanya kehadiran platform e-commerce sebagai katalis, telah membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melebarkan jangkauan penjual ke ranah online.

Riset Populix 2023 di sisi lain juga menunjukkan e-ommerce (82%) menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kesehatan dibandingkan media sosial (13%).

Untuk membantu UMKM menangkap peluang ini, terutama jelang festival belanja akhir tahun, Lazada Indonesia menggelar “Lazada Seller Conference: Level Up 2023”. Event Seller Conference sendiri sudah digelar Lazada sejak 2019 lalu.

Mengangkat tema “Ada Dukungan Suksesmu di Lazada”, ajang Lazada Seller Conference 2023 menjadi penegasan komitmen Lazada untuk memberdayakan para penjual melalui fitur dan teknologi yang dapat meningkatkan bisnis, sekaligus juga menjalin hubungan dengan penjual, dan jenama dalam semaraknya perayaan festival belanja online akhir tahun yang akan datang melalui program 11.11 dan Harbolnas 12.12.

Dalam acara Lazada Seller Conference 2023, ada banyak wawasan yang dibagikan untuk para penjual di Lazada seperti tentang bagaimana menjadi pebisnis yang sukses di era digital.

Seluruh materi yang dihadirkan telah dikurasi dan disusun sedemikian rupa untuk memastikan kesesuaian wawasan dan informasi yang dapat langsung diimplementasikan pada bisnis para penjual.

“Kami berharap acara tahunan Lazada Seller Conference ini bisa mendorong para penjual untuk terus belajar dan menggali ilmu berbisnis online sebanyak-banyaknya, baik dari eksekutif kami maupun dari para praktisi dan pebisnis sukses yang mengisi acara ini,” jelas Stefan Winata, ad of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia.

“Selalu menjadi tujuan kami untuk mendukung penjual bisa terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. Kerja sama yang erat antara Lazada dan penjual dibutuhkan untuk bisa sukses bersama,” sambung Stefan.

Menteri Perdagangan (Mendag), Republik Indonesia, Zulkifli Hasan mengapresiasi Lazada Seller Conference 2023 dalam sambutan melalui video singkatnya.

“Pemerintah baru saja menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 dalam rangka menciptakan persaingan usaha yang sehat dan melindungi produk UMKM. Kementerian Perdagangan akan terus bersinergi dengan industri e-commerce di Indonesia untuk menciptakan lingkungan e-commerce yang aman, nyaman, dan bermanfaat bagi semua. Selamat dan sukses atas terselenggaranya Lazada Seller Conference 2023. Semoga acara ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Mari kita majukan perdagangan yang lebih adil dan Bangga Buatan Indonesia," papar Zulkifli.

Inovasi untuk Mendukung Penjual

Lebih lanjut, Stefan juga memaparkan berbagai inovasi dan dukungan Lazada yang bisa membantu penjual di Lazada untuk fokus meningkatkan penjualannya.

Dalam presentasinya, Stefan mengungkapkan, “Inovasi Lazada dalam gamification serta penggunaan otomasi kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) dalam berbagai fitur diyakini bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk berbelanja di Lazada. Kami mendorong para penjual di Lazada untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai fitur Lazada untuk siap dalam menghadapi festival belanja akhir tahun mendatang.”