Find Us On Social Media :

Nih! 10 Inovasi AI yang Dipamerkan Alibaba di Ajang Apsara Conference

By Rafki Fachrizal, Jumat, 3 November 2023 | 14:15 WIB

Ilustrasi peluncuran inovasi AI dari Alibaba Cloud di Apsara Conference 2023.

Dalam acara “Apsara Conference 2023”, Alibaba Cloud memamerkan beragam model AI terbaru khusus untuk industri di seluruh dunia.

Model-model AI terbaru itu dibangun di atas Tongyi Qianwen, model fondasi milik Alibaba Cloud, dan dirancang untuk menyederhanakan operasi bisnis dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Selain itu, dalam acara itu Alibaba Cloud juga meluncurkan berbagai inovasi AI, termasuk perangkat pembuat avatar digital dan perangkat AI text-to-image.

Inovasi AI terbaru ini bertujuan untuk menyederhanakan proses pembuatan konten digital untuk berbagai sektor bisnis.

Lebih lanjut, berikut ini sejumlah inovasi AI yang ditunjukkan Alibaba Cloud selama Apsara Conference.

1. Pembuatan Karakter dan Model AI untuk Percakapan (Tongyi Xingchen)

Model AI ini memfasilitasi interaksi yang menarik dengan karakter visual yang menyerupai respons manusia.

Ini memungkinkan para pengguna untuk membuat karakter mereka sendiri dan berinteraksi dengan karakter tersebut untuk mendapatkan teman pendamping yang dibuat dengan menonjolkan pada kepribadian, dukungan emosional, dan hiburan.

2. Model AI untuk Membaca (Tongyi Zhiwen)

Model AI ini mampu menganalisa dokumen dan dapat membagikan inti dari dokumen dengan mudah, sehingga membantu pengguna meningkatkan efisiensi kerja mereka.

Pengguna dapat mengunggah dokumen dalam berbagai format, dan sebagai asisten, model AI ini akan meringkas, mengekstrak informasi, dan menjawab pertanyaan terkait dokumen dalam bahasa Mandarin atau Inggris.

3. Model AI Customer Service (Tongyi Xiaomi)

Merupakan model vertikal yang dirancang untuk skenario layanan pelanggan. Dengan kemampuan yang lebih baik dalam pemahaman bahasa alami, analitik, dan kesimpulan, model AI ini memahami keinginan pengguna dan memberikan respons yang sesuai kebutuhan.