Find Us On Social Media :

OpenAI Bakal Luncurkan Model AI dengan Harga Terjangkau dan Powerful

By Adam Rizal, Selasa, 7 November 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

OpenAI akan meluncurkan model artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang lebih ekonomis dan kuat sekaligus mengincar pasar yang lebih besar dan baru di dunia.

Sebelumnya, OpenAI sukses memperkenalkan chatbot AI bernama ChatGPT pada November tahun lalu.

ChatGPT memungkinkan pengguna membuat konten baru, seperti teks, gambar, dan kode perangkat lunak, berdasarkan data masa lalu.

Berkat suntikan dana yang besar dari Microsoft, OpenAI telah menjadi platform default untuk banyak orang yang ingin memanfaatkannya untuk membuat berbagai dokumen, kontrak, perencanaan perjalanan, dan bahkan novel keseluruhan.

OpenAI menjanjikan Model AI terbarunya nanti sangat value for money dan memiliki kemampuan dalam bidang visi komputer sehingga memungkinkan model AI itu menganalisis dan menginterpretasikan gambar, membuka potensi untuk pengembangan aplikasi baru di berbagai bidang, termasuk hiburan dan kedokteran. Hal itu menjadi jawaban mitra-mitra OpenAI yang khawatir biaya penggunaan model-model AI sangat mahal.

Harapannya, model AI terbaru milik OpenAI itu memungkinkan klien membangun bisnis berkelanjutan dengan mengembangkan dan menjual perangkat lunak AI.

Rencananya, model AI terbaru dari OpenAI itu akan dirilis pada musim gugur seperti dikutip Reuters.

Upaya-upaya ini bertujuan mendorong perusahaan untuk mengadopsi teknologi OpenAI dalam pembuatan chatbot dan agen otonom yang mampu menjalankan tugas tanpa campur tangan manusia.

Fitur Terbaru ChatGPT

Ilustrasi ChatGPT.

OpenAI terus meningkatkan kemampuan ChatGPT dengan signifikan. Kini ChatGPT dapat membaca dan menganalisis isi dokumen PDF dan berkas lainnya secara langsung dalam percakapan.

Kemampuan baru itu memungkinkan pengguna meminta ChatGPT merangkum dokumen, menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan data penting dalam dokumen tersebut, dan bahkan membuat visualisasi dalam bentuk grafik dan chart berdasarkan data yang ada dalam file PDF. Ini merupakan tambahan fitur baru dari ChatGPT.