Find Us On Social Media :

Hadirkan Sejumlah Inovasi, SAP Dorong Pengembang Jadi AI Developer

By Liana Threestayanti, Rabu, 8 November 2023 | 21:38 WIB

SAP menghadirkan sejumlah inovasi untuk mendorong para pengembang menjadi AI developer yang akan mengoptimalkan bisnis di era AI. (ilustrasi: kantor pusat SAP di Walldorf, Jerman)

Kecerdasan buatan atau AI kian dilirik perusahaan, SAP menghadirkan sejumlah inovasi  untuk mendorong para pengembang menjadi AI developer yang akan mengoptimalkan bisnis di era AI.

Menurut Juergen Mueller, Chief Technology Officer dan anggota dari Executive Board SAP SE, dinamika teknologi dan bisnis saat ini mengharuskan para developer menjadi AI developer.

"Inovasi yang kami luncurkan di SAP TechEd, mulai dari alat pro-code yang terintegrasi dengan AI hingga one-stop shop untuk membuat ekstensi dan aplikasi AI generatif pada SAP Business Technology Platform, mendukung pengembang di jantung revolusi AI dan memberi mereka sumber daya yang mereka butuhkan untuk mentransformasi cara menjalankan bisnis," jelas Mueller di ajang SAP TechEd 2023.

Inilah beberapa pengumuman yang disampaikan SAP di ajang developer conference yang berlangsung di Bangalore, India tersebut beberapa waktu lalu.

SAP Build Code

Mengingat tujuan dari pemanfaatan AI generatif adalah meraih manfaat bisnis, SAP melihat pentingnya mendukung fusion development yang berupa kolaborasi antara pengembang profesional dan tim bisnis sebagai citizen developer. 

Untuk itu, SAP kini menyediakan solusi SAP Build Code sebagai opsi pro-code dalam solusi low-code SAP Build yang diluncurkan tahun lalu. Dioptimalkan untuk pengembangan dengan Java dan JavaScript, solusi SAP Build Code menghadirkan productivity tool berbasis AI generatif. Copilot AI generatif Joule akan membantu pengembang dalam melakukan coding untuk data modeling, application logic, dan test script creation. 

Fitur Vector Database Baru

Fondasi bagi AI yang bagus adalah data yang bagus. Dengan alasan ini, SAP menghadirkan fitur vector database baru pada penawaran multimodel SAP HANA Cloud tanpa biaya tambahan.

Sebagai gambaran, penyimpanan vector data bertugas mengelola data tak terstruktur, seperti teks, gambar atau audio, untuk menyediakan memori jangka panjang dan konteks yang lebih baik untuk model AI. Dengan adanya kemampuan ini, sistem akan lebih mudah  dan cepat menemukan dan mengambil obyek yang serupa dengan cepat. 

Fitur vector database baru ini disebut SAP akan meningkatkan interaksi antara model bahasa besar/LLM dan data penting milik perusahaan pelanggan. Inovasi ini memungkinkan para developer SAP memberikan insight atau wawasan berbasis data pada tingkatan baru, dalam kerangka kerja privat yang aman, menggunakan data pelanggan khusus industri sehingga dapat mengurangi potensi halusinasi pada AI.

AI Foundation