Find Us On Social Media :

Mirrorless Sony Alpha 9 III Resmi Meluncur dengan Chip AI, Harganya?

By Adam Rizal, Jumat, 10 November 2023 | 09:00 WIB

Mirrorless Alpha 9 III Resmi Meluncur dengan Chip AI, Ini Harganya

Sony resmi meluncurkan kamera mirrorless  flagship Alpha 9 III (A9 III) yang merupakan kamera full-frame pertama di dunia dengan  terobosan teknologi global shutter.

Sony A9III memiliki sensor kamera 24,6 MP dan sanggup menangkap gambar dengan cara mengaktifkan semua pikselnya sekaligus dalam waktu bersamaan. Berbeda dari sensor kamera lainnya yang menangkap gambar dengan cara mengaktifkan piksel per baris (scanning) secara horizontal. 

Hasilnya, Sony A9 III menjadi mirrorless full-frame terkencang karena sanggup menjepret 120 foto per detik (fps) dalam fomat JPEG maupun RAW 14-bit. Kecepatan burst super tinggi itu memang hanya sanggup dilakukan selama 1,6 detik dengan total 192 frame RAW yang ditampung di buffer. Kamera mirrorless itu juga memakai auto exposure dan autofokus real time lewat AF yang jumlahnya mencapai 759 titik di A9 III. 

Berkat global shutter, Sony A9 III mampu melakukan sinkronisasi flash di kecepatan rana berapapun, termasuk shutter speed maksimum, tak terbatas flash sync speed yang biasanya mentok di kisaran 1 per ratusan detik untuk kamera dengan focal plane shutter

Chip AI

A9 III memiliki chip AI khusus yang mampu melakukan pengenalan subyek dan tracking fokus. Chip pengolah gambar yang digunakan adalah Bionz ZR yang diklaim memiliki kinerja delapan kali lebih tinggi dibandingkan prosesor di kamera Sony A9 II sebelumnya. Sensor full-frame stacked CMOS Sony A9 III dibekali dengan in-body image stablizer (IBIS) yang menjanjikan tingkat kompensasi hingga 8-stop.

Kamera mirrorless Sony A9 III sangat cocok digunakan untuk fotografer di bidang olahraga dan wildlife. Kamera itu juga memiliki spesifikasi video mumpuni, termasuk kemampuan merekam hingga 4K 120 fps tanpa cropping atau 4K 60 fps dengan oversampling dari 6K. Sony A9 III juga menawarkan perekaman 10-bit dengan profil S-Log 3 di semua mode perekaman, temasuk 4K 120 fps, dan profil S-Cinetone yang diambil dari lini kamera sinema Venice Sony.

Sony A9 III dibanderol seharga 5.999 dollar AS (Rp 93,7 juta) dan rencananya akan mulai tersedia pada awal tahun depan, tapi tanggal pastinya belum disebutkan.

Baca Juga: OpenAI Bakal Berikan Perlindungan Hukum ke Pengguna Bisnis ChatGPT

Baca Juga: Strategi Eranyacloud Jadi Cloud Provider Terbaik, Hadirkan Program Kemitraan