Find Us On Social Media :

Canggih! Pin Baju ini Berteknologi AI, Punya Proyeksi Laser

By Adam Rizal, Minggu, 12 November 2023 | 13:00 WIB

Ai Pin

Humane, perusahaan teknologi di Silicon Valley, baru-baru ini meluncurkan produk terbaru Ai Pin. Ai Pin adalah perangkat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat dipasang pada pakaian. Pin AI itu memungkinkan pengguna berinteraksi dengan asisten virtual, caranya Anda tinggal mengetukkan saja pada Ai Pin tersebut.

Humane menggunakan teknologi AI dari OpenAI dan kekuatan komputasi cloud Microsoft untuk menjadi Ai Pin menjadi pin canggih. Ai Pin menggunakan proyeksi laser untuk menampilkan teks dan gambar monokromatis pada tangan pengguna.

Humane sendiri fokus pada pengembangan perangkat tanpa layar tradisional yang mengandalkan AI. Ai Pin juga menawarkan fitur "Catch Me Up" yang mampu merangkum kotak masuk email dan dilengkapi dengan kamera untuk mengambil foto atau memindai objek seperti makanan lalu memberikan perkiraan konten nutrisinya kepada pengguna.

"Ai Pin adalah perwujudan visi kami untuk mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam jalinan kehidupan sehari-hari, meningkatkan kemampuan kita tanpa menghilangkan sisi kemanusiaan kita," ujar Co-founder dan Presiden Humane Imran Chaudhri dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters.

Humane berharap Ai Pin, dengan harga USS699 atau Rp11 jutaan di Amerika Serikat (AS), akan menjadi bagian integratif dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan kemampuan manusia tanpa kehilangan aspek kemanusiaan.

Bantu Presentasi

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence).

Figma baru saja mengumumkan FigJam AI, alat artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif yang dirancang untuk FigJam. Biasanya FigJam digunakan sebagai papan tulis oleh tim desain produk untuk mencatat poin-poin penting selama proyek. FigJam AI membawa tiga fitur utama: Generate, Sort, dan Summarize.

Fitur Generate memuat prompter yang dapat diisi sesuai dengan perintah yang diinginkan. Ini memungkinkan pembuatan template untuk brainstorming, flowchart, timeline proyek, dan lainnya, menghemat waktu desainer dan memungkinkan mereka fokus pada tugas lain. Fitur Sort berfungsi untuk mengelompokkan catatan dari anggota tim yang berbeda tetapi memiliki kesamaan dalam kontennya, menghilangkan kebutuhan untuk pengelompokan manual. Sementara itu, fitur Summarize dapat membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang ada di FigJam. Semua fitur FigJam AI dapat digunakan bersama dengan Jambot, sebuah widget untuk FigJam yang menggunakan ChatGPT.

Meskipun FigJam AI saat ini dalam tahap beta, pengguna dapat menggunakannya secara gratis selama terdaftar dalam program beta. Namun, belum jelas apakah fitur ini akan tetap gratis untuk pengguna setelah dirilis sepenuhnya ke publik.

Pakai ChatGPT 

Ilustrasi ChatGPT.