Find Us On Social Media :

Akamai Beberkan Alasan Sektor Media & Hiburan di APJ Adopsi Cloud

By Liana Threestayanti, Senin, 13 November 2023 | 15:08 WIB

Ekspektasi pengalaman pelanggan dan volume data adalah faktor utama pebisnis M&E di APJ untuk mempertimbangkan layanan cloud, menurut studi Akamai.

Meningkatnya ekspektasi pengalaman pelanggan dan volume data menjadi faktor utama bagi para pebisnis media dan hiburan (M&E) di Asia Pasifik dan Jepang (APJ) dalam mempertimbangkan layanan cloud, menurut studi Akamai Technologies Inc. (Akamai) yang dilaksanakan oleh Forrester Consulting.

Studi ini melibatkan 225 responden dari bisnis M&E di seluruh dunia. Sebagian besar responden memiliki pengaruh atau otoritas dalam pengambilan keputusan final terkait arsitektur streaming dan/atau alur kerja cloud di perusahaan mereka. 

Alasan Tekanan Digitalisasi dan Ekspektasi Pelanggan 

Bisnis M&E di APJ adalah para pengguna awal solusi cloud. Dan sejauh ini para pengguna awal tersebut relatif berhasil memanfaatkan cloud dengan lebih dari 93% responden melaporkan keberhasilannya menggunakan teknologi berbasis cloud. Sementara 21% responden menyatakan, perjalanan cloud-nya berkembang lebih cepat dari harapan, dan 54% di antaranya bahkan mengatakan kemajuan ini lebih cepat dari yang diperkirakan. 

Studi Akamai juga mengungkapkan alasan para pebisnis M&E mengadopsi cloud, yaitu ekspektasi pelanggan yang tinggi. Sebanyak 75% bisnis M&E di APJ mengatakan bahwa pengguna mereka mengharapkan tidak adanya waktu henti, jeda, atau kesalahan dalam pemutaran.

Namun adopsi cloud ini juga disebut oleh 46% responden karena tekanan digitalisasi dalam industri mereka jauh lebih besar dibandingkan industri lainnya. Menurut Akamai, angka ini adalah yang tertinggi di antara seluruh wilayah yang disurvei. 

Namun, studi ini menyoroti kekhawatiran seputar kemampuan infrastruktur cloud yang ada saat ini dalam mendukung pertumbuhan industri M&E di masa mendatang.

Dua Faktor Ini Pengaruhi Strategi Cloud

Tren lain yang ditangkap oleh studi ini adalah strategi cloud oleh pelaku bisnis M&E di APJ. 

Yang pertama adalah dampak peningkatan biaya terhadap strategi cloud. Di antara responden, 77% mempertimbangkan untuk beralih dari penyedia cloud tradisional karena tekanan biaya, sedangkan 67% melaporkan bahwa biaya merupakan faktor yang sulit untuk dikelola bisnis mereka dalam jangka panjang. Karena alasan itu, responden mempertimbangkan untuk menggabungkan beberapa penyedia cloud karena tekanan biaya.

Studi ini juga menyoroti peningkatan volume data sebagai hal yang mempersulit kemampuan responden untuk menggunakan infrastruktur cloud lebih lanjut. Sebanyak 33% responden mengantisipasi pertumbuhan volume data sebesar lebih dari 50% selama tiga tahun ke depan, dan 67% setuju bahwa volume data mempersulit adopsi data center. 

“Mitra penyedia cloud harus berkembang guna memenuhi permintaan data pelanggan M&E,” menurut studi Forrester.