Find Us On Social Media :

Transaksi Produk Kesehatan di Tokopedia Naik 11 Kali, Ini Paling Laris

By Rafki Fachrizal, Selasa, 14 November 2023 | 14:30 WIB

Ilustrasi Produk Kesehatan (OMRON Healthcare) di Tokopedia.

Saat ini, tercatat sudah ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia yang memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar, termasuk produk kesehatan.

“Sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual produk kesehatan, yaitu Maluku Utara, Jambi dan Sulawesi Tenggara, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat,” jelas Aditia.

Selain itu, beberapa produk kesehatan paling laris di Tokopedia selama kuartal III-2023, antara lain multivitamin, perlengkapan medis (seperti alat bantu pernapasan dan alat laboratorium) dan obat-obatan dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 11 kali lipat.

Edwin Chayadi, Vice President of Tokopedia Marketing Solutions, di sisi lain mengatakan, “Untuk membantu pelaku bisnis di bidang kesehatan memaksimalkan potensi e-commerce, Tokopedia menghadirkan solusi pemasaran menyeluruh, yaitu Tokopedia Marketing Solutions.

Lewat Tokopedia Marketing Solutions, pelaku usaha dari berbagai skala dan bidang, termasuk kesehatan, bisa menjangkau lebih banyak pengguna Tokopedia yang saat ini tersebar di 99% kecamatan di Indonesia, dengan hadir di seluruh consumer purchase journey.

“Mulai dari saat konsumen mengeksplor halaman utama Tokopedia, mencari produk, atau dari media sosial,” ujar Edwin.

lebih lanjut, beberapa pelaku bisnis di bidang kesehatan yang memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions dan mengalami peningkatan bisnis, contohnya OMRON Healthcare dan Kimia Farma Apotek.

Kimia Farma Apotek (KFA), integrated healthcare company di Indonesia, telah memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions, dalam hal ini TopAds, Dynamic Channel, Broadcast Chat dan Tokopedia Display Network.

KFA berhasil mengalami peningkatan pendapatan di e-commerce sebesar 19 kali lipat dibandingkan sebelum memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions.

Keberhasilan KFA tidak lepas dari komitmen perusahaan untuk melakukan transformasi digital dan mengeksplorasi seluruh fitur promosi yang ada di e-commerce.

Sebagai perusahaan dengan jaringan apotek terbesar dan penyedia layanan kesehatan terkemuka, KFA terus berinovasi seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang mengkombinasikan online dan offline. KFA kini memiliki Official Store di Tokopedia dengan total 4.500 SKU, melengkapi 1800 jaringan outlet fisiknya yang meliputi apotek, klinik, hingga vending machines.

“Kerja sama kami dengan Tokopedia Marketing Solutions telah memainkan peran kunci dalam mendorong perjalanan digital kami. Dengan peningkatan luar biasa sebanyak 19 kali lipat dalam penjualan e-commerce, Tokopedia telah mendukung kami untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin pelayanan kesehatan di ranah digital,” ungkap Agus Chandra, Direktur Utama KFA.

Ada pula, OMRON Healthcare, produsen alat kesehatan berteknologi tinggi. OMRON Healthcare aktif mengikuti kampanye Tokopedia, Waktu Indonesia Belanja (WIB), dan memaksimalkannya dengan Tokopedia Marketing Solutions, dalam hal ini menggunakan solusi iklan TopAds, Broadcast Chat dan Tokopedia Display Network.