Find Us On Social Media :

Begini Cara Melacak dan Mengunci Smartphone POCO yang Hilang

By Rafki Fachrizal, Rabu, 15 November 2023 | 11:15 WIB

Ilustrasi Pengguna Smartphone POCO.

Jika Anda sedang mengalami kehilangan smartphone POCO, berikut ini cara untuk melacak dan menguncinya agar data tidak bisa diakses oleh orang lain atau pencuri.

Smartphone POCO memiliki fitur keamanan yang bisa membantu pemiliknya melacak atau mengunci smartphone jika suatu saat hilang atau dicuri.

Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia, mengatakan, "Bukan cuma unggul dari sisi performa dan harganya yang ekstrem, POCO juga dibekali fitur keamanan yang oke banget.  Salah satunya kalau smartphone POCO kita hilang, entah karena dicuri atau kita sendiri yang kelupaan di mana meletakkannya, bisa segera dilacak dan dikunci supaya nggak disalahgunakan oleh orang lain."

Cara Melacak Smartphone POCO yang hilang

Berikut ini langkah-langkah untuk melacak smartphone POCO yang hilang. Pastikan Anda sebelumnya sudah memiliki Akun Xiaomi dan smartphone POCO tersebut sudah terhubung ke Mi Cloud.

  1. Kunjungi website Mi Cloud di i.mi.com menggunakan perangkat seperti laptop atau PC.
  2. Di pojok kanan atas terdapat opsi untuk mengganti bahasa, misalnya ke bahasa Indonesia.
  3. Pilih "Masuk dengan Akun Mi” kemudian log in (bisa menggunakan email, nomor telepon, atau ID Mi yang terdaftar pada akun Mi di smartphone yang hilang). Itu adalah akun layanan Xiaomi Cloud buat membantu mencari, mengunci, menyembunyikan, maupun menghapus smartphone kita.
  4. Klik "Cari perangkat" untuk mulai mencari lokasi smartphone POCO terkini.
  5. Jika belum pernah mengunjungi fitur ini, maka Anda akan diminta memilih tipe smartphone POCO yang digunakan.
  6. Kalau titik lokasi yang muncul warnanya biru, ini menandakan smartphone dalam keadaan aktif. Tapi jika warna abu-abu yang muncul dan ada tulisan waktu terakhir online, berarti smartphone sedang tidak aktif sehingga lokasinya merupakan lokasi terakhir kali ketika smartphone aktif.
  7. Setelah lokasi ditemukan, zoom peta yang muncul untuk memastikan tingkat keakuratan posisi smartphone POCO Anda.
  8. Ketika sudah berada di titik lokasi smartphone yang hilang, kita dapat membunyikan smartphone dengan menekan opsi "Bunyi" yang ada kiri bawah menu dari smartphone yang ditemukan. Suara akan aktif meski smartphone dalam keadaan silent.

Perlu diingat bahwa pelacakan bisa dilakukan bila fitur "Cari perangkat" ("Find device") di smartphone sudah diaktifkan, dan lokasi akan terbaca kalau smartphone terkoneksi jaringan internet.

Sehingga, dianjurkan untuk mengaktifkan fitur tersebut dan mencoba lacak smartphone sebelum kejadian smartphone terlanjur hilang.

Ketika smartphone POCO Anda hilang, disarankan untuk melapor ke polisi sesegera mungkin dan laporkan juga kehilangan akun utama. Kemudian ubah kata sandi secepatnya untuk melindungi keamanan akun.

Cara Mengunci (memblokir) smartphone POCO dan menghapus datanya

Di samping opsi "Bunyi", ada "Mode hilang" dan "Hapus data" pada menu dari smartphone yang ditemukan, guna menghindari penyalahgunaan oleh orang lain atau pencuri.

Untuk mengunci smartphone POCO, dapat menggunakan opsi "Mode hilang". Begini caranya:

  1. Pilih "Mode hilang".
  2. Tekan "Ganti ke Mode Hilang".
  3. Masukkan pesan kehilangan pada menu "Masukkan pesan layar kunci" dan masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  4. Pilih "Kunci".
  5. Pilih "Selesai".

"Mode hilang" akan mengunci hape, sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya sampai adanya log in yang sukses menggunakan akun Mi Cloud yang terdaftar.

Lebih lanjut, jika ingin menghapus data, pilih "Hapus data". Fitur ini akan menghapus semua file dan data pada smartphone POCO yang hilang, untuk mengamankan dari tindakan jahat terhadap data yang tersimpan.