Find Us On Social Media :

Dorong Inovasi AI, Canva Berikan Dana US$50 Juta untuk Para Developer

By Liana Threestayanti, Jumat, 17 November 2023 | 14:07 WIB

Canva membuka Developers Innovation Fund senilai US$50 juta sebagai bentuk apresiasi kepada para developer.

Canva membuka Developers Innovation Fund senilai US$50 juta sebagai bentuk apresiasi kepada para developer yang bersama Canva telah mendemokratisasi desain dan memelihara marketplace yang berisi beragam aplikasi free-to-use di Canva.

Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk dukungan finansial dan insentif bagi para developer dan pertama kali diumumkan saat peluncuran Program Canva Developers di konferensi Canva Extend pada bulan Juni 2023.

Canva Innovation Fund bertujuan mendukung dan menghargai para developer serta memelihara marketplace aplikasi yang penuh keberagaman dan dinamis, termasuk melalui dukungan bagi para developer yang kurang terwakili. Developer di seluruh dunia* yang memiliki ide untuk mengembangkan kreativitas para pengguna Canva dan ingin mendapat imbalan atas ide tersebut, berkesempatan untuk berpartisipasi.

“Aplikasi memiliki peran yang semakin penting dalam strategi all-in-one Canva, dan kami sadar akan potensi luar biasa yang dimiliki aplikasi terhadap misi kami untuk memberdayakan dunia untuk mendesain,” ujar Anwar Haneef, Head of Ecosystem at Canva. 

Innovation Fund senilai US$50 juta akan diberikan dalam dua bentuk. Pertama adalah App Adoption Awards, yaitu penghargaan berupa uang tunai sekali bayar bagi aplikasi-aplikasi yang mencapai titik pemakaian berdasarkan jumlah pengguna bulanan. Skema ini terbuka bagi semua developer yang telah meluncurkan aplikasi umum bebas biaya dan memenuhi ketentuan khusus.

Innovation Fund juga diberikan sebagai Developer Grants. Dana berupa uang tunai ini dapat digunakan untuk membiayai pengembangan atau menjadi subsidi untuk biaya komputasi. Developer harus mendaftarkan diri terlebih dulu agar dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan Developer Grant. Pendaftaran dapat dilakukan sekarang sampai dengan bulan Maret 2024. 

Canva menyatakan akan memprioritaskan dukungan bagi ide-ide yang memenuhi dua kriteria. Pertama, Canva memprioritaskan ide yang mencakupkan inovasi artificial inteligence (AI). Inovasi ini memberikan pengguna Canva akses terhadap teknologi AI yang paling kuat dan aman di pasar.

Selain itu, ide-ide yang juga dilirik Canva adalah aplikasi desain yang dapat digunakan secara bebas serta menawarkan kapabilitas baru atau melancarkan alur kerja antara Canva dan alat-alat lainnya.

 

Canva melaporkan, setelah diluncurkan pada bulan Juni, ribuan developer telah bergabung dalam program Canva Developers dan telah menciptakan 60 aplikasi baru menggunakan Canva Apps SDK, yang secara total telah digunakan sebanyak 15 juta kali. 

Canva Apps Marketplace sekarang juga menjadi rumah bagi ratusan aplikasi, dan sebagai bagian dari peluncuran Magic Studio, AI Suite all-in-one terbaru, Canva telah menambahkan 21 aplikasi AI baru termasuk image generator seperti Dall-E milik Open AI, Imagen dari Google Cloud; avatar generator ciptaan D-ID dan HeyGen; serta voice generator dari Murf AI, PlayHT; dan lain-lain.