Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy A05: Harga Sejutaan dengan Spesifikasi Menarik

By Dayu Akbar, Senin, 20 November 2023 | 07:00 WIB

Samsung Galaxy A05

Samsung memiliki lini smartphone yang cukup lengkap di segala segmen. Mulai dari harga satu jutaan sampai puluhan juta. Kali ini di segmen entry level, Samsung menghadirkan seri Galaxy A05 yang ditujukan bagi pengguna yang butuh smartphone terjangkau tapi punya fitur mumpuni di kelasnya. Sesuai penamaan serinya, Galaxy A05 hadir dengan beberapa peningkatan dibanding generasi sebelumnya yaitu Galaxy A04 yang rilis sekitar satu tahun sebelumnya.

Galaxy A05 punya beberapa fitur unggulan yang lebih menarik dibanding Galaxy A04. Dengan harga kisaran mulai dari satu jutaan, desainnya terlihat stylish karena sekilas mirip dengan seri-seri diatasnya, seperti Galaxy A54 ataupun Galaxy S23. Namun tentu saja karena bidik segmen berbeda, build quality Galaxy A05 jauh dibawah dua seri tadi.

Paket penjualannya sangat minim dan hanya menyediakan aksesori tambahan berupa kabel USB type-C to type-C serta SIM ejector.

Bodi belakangnya flat menggunakan bahan plastik dengan finishing agak glossy yang memiliki tampilan pola bergaris. Desain ini nyaman digenggam dan tidak terasa licin, untungnya bodi belakang ini tidak gampang kotor oleh bercak tangan atau sidik jari. Hadir dalam dua pilihan warna yaitu black, silver, dan light green, unit yang kami coba memiliki warna silver. Disini terdapat dua kamera belakang yang tersusun memanjang ke bawah dengan satu led flash berukuran kecil di sebelah kamera belakang.

Layarnya memiliki ukuran 6,7 inci serta bagian belakang dengan tampilan berpola garis yang tersedia dalam pilihan Black, Silver, dan Light Green.

Galaxy A05 punya ukuran layar lebih lebar dibanding Galaxy A04. Kali ini ukurannya memiliki diagonal 6,7 inci dan masih menggunakan panel PLS LCD.  Panel ini memiliki tampilan lebih bagus dibanding panel TN yang saat ini memang sudah mulai ditinggalkan oleh smartphone entry level.

Resolusi yang dimilikinya HD+ atau 1.080 x 2.412 pixels dengan refresh rate standar yaitu 60Hz. Kecerahan layarnya mencapai 500 nits dan masih terlihat meski di luar ruang yang terik. Tingkat responsif layar cukup bagus dan tidak terdapat lag saat digunakan, khususnya game-game dengan butuh tingkat responsif tinggi.

Bagian belakang memiliki dua kamera 50 MP (wide) dan 2 MP (depth), serta bagian depan berupa kamera selfie dengan resolusi 8 MP.

Fitur unggulan kedua Galaxy A05 adalah kamera utama dengan resolusi 50 MP. Dengan resolusi tersebut, Anda bisa mencetak foto hingga berukuran besar. Untuk merekam video, kamera tersebut bisa diatur hingga resolusi 1080p @60fps yang cukup bagus untuk kelas entry level. Menemani kamera belakang tersebut, terdapat pula kamera bokeh 2 MP. Pengujian kami pada foto bokeh yang dihasilkan cukup rapi dan baik.

Perbandingan hasil foto menggunakan mode Photo tanpa bokeh (kiri) dan dengan efek bokeh (kanan) di kondisi malam hari.

Sementara kamera depannya punya resolusi 8 MP yang bisa merekam video hingga 1080p @30fps. Dan pada kamera utama dan depannya ini tidak tersedia fitur stabilizer karena memang tidak memiliki sensor gyroscope.

Kamera utama di malam hari (kiri) dan siang hari (kanan) mampu menangkap gambar dengan cukup bagus di kelasnya.