Find Us On Social Media :

Tokopedia Rilis Fitur Baru Jasa Pasang Otomotif, Begini Cara Pakainya

By Rafki Fachrizal, Senin, 20 November 2023 | 11:45 WIB

Ilustrasi Fitur Jasa Pasang Otomotif di Tokopedia.

Platform marketplace Tokopedia melucurkan sebuah fitur baru bernama Jasa Pasang Otomotif. Fitur tersebut memungkinkan masyarakat menerima jasa pemasangan atas produk otomotif, seperti onderdil mobil dan motor, yang dibeli lewat toko pelaku usaha otomotif di Tokopedia.

Fitur Jasa Pasang Otomotif berlaku untuk berbagai produk atau onderdil mobil dan motor yang ditawarkan oleh penjual, termasuk kaca film mobil, ban kendaraan, oli, aki, velg, karpet dan masih banyak lainnya.

“Cara menggunakan Jasa Pasang Otomotif pun sangat mudah. Pertama, pengguna dapat mencari produk otomotif yang dibutuhkan, memilih produk yang berlabelkan ‘Jasa Pasang’. Lalu, pengguna dapat membeli produk dan mencentang fitur Jasa Pasang Otomotif pada halaman checkout. Kemudian pengguna dapat membawa produk otomotif yang telah dibeli ke bengkel pilihan dan mendapatkan kemudahan dari fitur Jasa Pasang Otomotif,” kata Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra.

Saat ini, fitur Jasa Pasang Otomotif telah hadir di wilayah Jabodetabek melalui kerja sama dengan berbagai mitra bengkel, dan akan terus bertambah ke banyak wilayah lainnya di Indonesia.

Penjualan Produk Otomotif Mengalami Peningkatan

Penjualan mobil dan motor di Tokopedia makin melesat belakangan ini, mengingat platform online memberi kemudahan dalam membeli kendaraan secara aman dan tanpa harus keluar dari rumah.

“Selama kuartal III 2023, kategori Otomotif merupakan salah satu kategori produk yang paling laris di Tokopedia,” ujar Fransiscus.

Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan produk otomotif, mulai dari mobil, motor dan onderdil kendaraan, Tokopedia telah menyediakan kampanye Tokopedia Garage.

“Kehadiran Tokopedia Garage telah disambut dengan sangat baik oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari jumlah transaksi yang terjadi lewat kampanye Tokopedia Garage yang naik hampir 4 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan saat Tokopedia Garage pertama kali hadir di kuartal I 2021,” jelas Fransiscus.

“Di sisi lain, jumlah penjual yang mengikuti kampanye Tokopedia Garage juga melonjak lebih dari 16 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan saat Tokopedia Garage pertama kali hadir di kuartal I 2021,” tambah Fransiscus.

Di era pascapandemi, Tokopedia pun melihat antusiasme masyarakat Indonesia dalam berbelanja berbagai produk otomotif secara online terus melesat.

Misalnya, penjualan kaca film di Tokopedia selama semester I 2023 saat pascapandemi naik lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi.

Selain itu, penjualan velg kendaraan naik lebih dari 2,5 kali lipat. “Sedangkan jumlah transaksi ban mobil di Tokopedia naik lebih dari 2 kali lipat dan jumlah transaksi ban motor naik hampir 4 kali lipat selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi,” ungkap Fransiscus.