Find Us On Social Media :

Nih! Empat Tips dari Google Supaya Brand Dilirik Calon Pembeli

By Rafki Fachrizal, Senin, 20 November 2023 | 18:15 WIB

Ilustrasi Pemilik Brand (merek).

Saat ini, banyak calon pembeli yang sebelum membeli produk atau layanan dari suatu brand mencari informasinya terlebih dahulu di platform online.

Berdasarkan survei, empat dari lima konsumen di Indonesia mengandalkan informasi pada platform online sebelum akhirnya memutuskan membeli sebuah produk atau layanan.

Setelah melakukan risetnya, para konsumen pun mulai mencari opini tambahan dari rekan maupun kerabat, iklan di surat kabar, hingga mengunjungi outlet untuk memeriksa barang yang diinginkan secara langsung.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik brand untuk memahami platform online mana saja yang dijadikan acuan oleh calon pembeli.

Beberapa hal ini dapat dilakukan untuk memastikan informasi brand pada platform online sudah maksimal.

1. Pastikan informasi pada website dan pemberitaan di media benar dan lengkap

Konsumen kerap menggunakan Google Search untuk mencari pemberitaan terkait produk di media maupun melalui website resmi.

Beberapa informasi yang dicari seputar spesifikasi, gambar produk, harga, lokasi toko, pilihan pembayaran maupun cicilan, hingga ulasan konsumen lainnya.

Brand sebaiknya memastikan bahwa semua informasi tersebut sudah tersedia secara lengkap, benar, dan update.

2. Membuat konten video yang menarik

Konten video yang menarik akan membuat konsumen penasaran. YouTube sendiri dipandang sebagai layanan video nomor satu di Indonesia yang paling banyak ditonton.

Survei konsumen yang dilakukan Google menunjukkan, satu dari dua calon pembeli mengandalkan ulasan dari pembuat konten sebelum melakukan pembelian.

Iklan video juga efektif, dengan 84% penonton di Indonesia setuju bahwa iklan yang mereka lihat di YouTube membuat mereka lebih cenderung mempertimbangkan suatu merek atau produk.