Find Us On Social Media :

Pentingnya AI & Sustainability untuk Membangun Masa Depan Data Center

By Rafki Fachrizal, Rabu, 22 November 2023 | 16:15 WIB

Ilustrasi Data Center.

Penulis: Phillip Marangella, Chief Marketing Officer EdgeConneX

Di pasar dengan penduduk yang sudah mapan dan memiliki pemahaman teknologi, infrastruktur data center (pusat data) berkembang menggunakan ide dan teknologi yang belum terlalu mutakhir.

Mulai dari sumber energi hingga sistem pendinginan pada penyimpanan data center, penggunaan air, dan jaringan transportasi, masih banyak aspek yang perlu diperbarui.

Bagi pasar yang belum tersentuh saat ini, ada tekanan yang perlu diperhatikan saat membangun data center dan mengelola kantor data center.

Meskipun begitu, tekanan tersebut dapat diatasi dengan mengadopsi perspektif baru dalam desain dan inovasi eksekusi, yang bergantung pada energi bebas karbon dan terbarukan, sistem pendinginan yang lebih efisien, pemeliharaan keanekaragaman hayati yang lebih baik, manajemen limbah yang optimal, dan banyak lagi.

Dalam banyak kasus, peningkatan di pasar yang sudah matang dapat dilakukan secara bertahap.

Namun, untuk pasar yang baru, data center dapat dirancang dan dikembangkan dari awal dengan sustainability (keberlanjutan) sebagai fokus utama.

Mari kita bahas beberapa peluang di kawasan data center baru pada pasar yang belum tersentuh.

Penyedia data center beroperasi dalam industri yang dinamis dan bergerak cepat, sehingga harus beradaptasi dan merespons perubahan di hampir semua aspek bisnisnya.

Perubahan ini berdampak pada seluruh manajemen data center, mulai dari standar konstruksi, metode pendinginan, dan sumber energi yang terkait dengan penggunaan masyarakat, keamanan, penggunaan air, dan banyak aspek lainnya.

Di atas semua itu, kebutuhan mendasar pelanggan dapat berubah secara dramatis dan sangat cepat.

Perubahan Sesuai dengan Tuntutan

Dalam era ini, kita menyaksikan perubahan bisnis yang terjadi dengan cepat, menuntut respons yang sigap dan efektif dari penyedia data center di seluruh dunia.