Find Us On Social Media :

Kaspersky Ungkap Prediksi Keamanan 2024, Banyak Serangan Pakai AI

By Adam Rizal, Kamis, 23 November 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi cyber security.

Para ahli Kaspersky mendorong lembaga   dan organisasi keuangan harus memperkuat pertahanan mereka pada 2024, karena ancaman yang didorong oleh AI berpotensi meningkat dan berkembangnya otomatisasi akan menjadi tren. 

Dalam laporan kejahatan siber dan prediksi ancaman finansial untuk tahun 2024, perusahaan keamanan siber ini mengantisipasi peningkatan serangan siber, eksploitasi sistem pembayaran langsung, kebangkitan trojan perbankan Brasil, dan peningkatan paket backdoor  sumber   terbuka.   

Laporan ini juga mencakup tinjauan   komprehensif terhadap keakuratan prediksi tahun lalu, menekankan tren seperti peningkatan ancaman Web3 dan peningkatan permintaan untuk pemuat malware (malware loader). 

Beradaptasi dengan lanskap yang terus berkembang, tahun 2024 menuntut strategi  keamanan siber yang  proaktif, kolaborasi   antar sektor, hingga pertahanan inovatif. Tahun   lalu,  para   ahli   Kaspersky   secara   akurat   memperkirakan   peningkatan   ancaman   Web3, peningkatan   permintaan   pemuat   malware,  dan  pergeseran   motif   kelompok   ransomware   ke   arah aktivitas yang merusak. Khususnya, pandangan ke depan mengenai kerangka kerja "Red Team" dan peralihan pembayaran Bitcoin yang masih belum terjadi seutuhnya.

Pada 2024, diperkirakan akan terjadi lonjakan serangan siber yang didorong oleh AI dan peniruan saluran komunikasi yang sah, sehingga akan mengarah pada menjamurnya kampanye berkualitas   rendah.   Selain   itu,   para   ahli   Kaspersky   memperkirakan   para   penjahat   siber   akan memanfaatkan   popularitas   sistem   pembayaran   langsung,   yang   mengakibatkan   munculnya   malware clipboard  dan peningkatan eksploitasi Trojan mobile banking. 

Misalnya saja kelompok penjahat siber seperti Grandoreiro telah berekspansi ke luar negeri, menargetkan lebih dari 900 bank di 40 negara.Tren mengkhawatirkan lainnya pada tahun 2024 adalah meningkatnya paket  backdoor open source. Penjahat siber akan mengeksploitasi kerentanan dalam perangkat lunak sumber terbuka yang banyak digunakan, sehingga membahayakan keamanan dan berpotensi menyebabkan pelanggaran data dan kerugian finansial. 

Dan para ahli memperkirakan kelompok afiliasi dalam ekosistem penjahat siber akan menunjukkan struktur yang lebih fleksibel di tahun mendatang, dengan anggota yang sering berpindah atau   bekerja   untuk   beberapa   kelompok   secara   bersamaan.   Kemampuan   beradaptasi   ini   akan mempersulit penegakan hukum untuk melacak mereka dan memerangi kejahatan dunia maya secara efektif.Prediksi penting lainnya meliputi:

- Adopsi  global  Sistem Transfer  Otomatis (Automated Transfer  Systems).  Adopsi global ATS seluler akan melampaui batas negara Brasil, sehingga memungkinkan penjahat  siber  di seluruh dunia mengeksploitasi sistem ini demi keuntungan finansial.

- Penurunan   zero-days,  peningkatan   eksploitasi   satu   hari.  Pelaku   kejahatan  siber  akan beralih ke eksploitasi satu hari yang lebih dapat diandalkan karena kelangkaan zero-day, yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas.

- Eksploitasi   perangkat   dan   layanan   yang   salah   dikonfigurasi.   Meningkatnya   eksploitasi perangkat dan layanan yang salah dikonfigurasi, memberikan akses tidak sah kepada penjahat siber untuk melancarkan serangan.

“Dalam   lanskap   keamanan   siber   finansial   yang   terus   berkembang   pada   tahun   2024,   kami  mengantisipasi   terjadinya   lonjakan   ancaman,   peningkatan   otomatisasi,   dan   kegigihan   para   pelaku  kejahatan siber. Untuk tetap menjadi yang terdepan, lembaga dan organisasi keuangan harus secara  proaktif menyesuaikan strategi keamanan siber, memperkuat pertahanan untuk melindungi aset dan  data sensitif mereka. Kunci keberhasilannya terletak pada membina kolaborasi antara sektor publik dan  swasta,   membentuk   garda   depan   persatuan   untuk   melawan   risiko   ancaman   yang   berkembang, sehingga   dapat   membentuk   medan   keamanan   siber   yang   kokoh   bagi   sektor   keuangan   di   tahun mendatang,” kata Marc Rivero, peneliti keamanan utama di GReAT.

Prediksi finansial adalah bagian dari Prediksi Ancaman Vertikal Kaspersky untuk tahun 2024, salah satu segmen dari  Kaspersky Security Bulletin  (KSB) – serangkaian prediksi dan laporan analitis tahunan mengenai perubahan-perubahan penting dalam dunia keamanan siber. 

Baca Juga: Dimensity 8300 Resmi Meluncur, Tawarkan Performa Kencang Berbasis AI

 Baca Juga: Kominfo Bakal Terbitkan Pedoman Penggunaan Teknologi AI Desember 2023